Kamis, 19 Maret 2015

Tips Aman Naik Taxi

Maraknya aksi kriminalitas di dalam kendaraan umum terutama taxi. Terlebih lagi, bagi sebagian orang yang mungkin bukan berasal dari kota atau daerah tersebut tentunya akan merasa khawatir saat taxi menjadi pilihan. Berikut disampaikan beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat ingin menggunakan kendaraan taksi :
  1. Usahakan memesan taxi menggunakan mobile reservation ataupun telepon karena pasti terdeteksi.
  2. Cara memesan taxi di Indonesia untuk beberapa tempat akan ada outlet-outlet untuk naik taksi dan akan ada petugas-petugas yang mencatat tujuan penumpang dan nomor lambung taxi, ini dapat menjadi alternatif yang lebih baik dibandingkan dengan menghentikan taxi di pinggir jalan. Carilah perusahaan taxi yang terpercaya, bila ragu jangan naik.
  3. Apabila terpaksa menghentikan taxi di pinggir jalan, pastikan Anda memilih taxi yang ilegal dan berlisensi. Jangan tertipu dengan warna taxi yang hampir sama. Apabila sudah terlanjur menghentikan taxi yang salah, Anda berhak membatalkannya.
  4. Selalu catat nomor taxi dan nama pengemudi. Lalu cocokkan foto dengan wajah pengemudi.
  5. Pilih taxi yang menggunakan argo karena lebih terpercaya, ini juga menghindari Anda dikenai biaya yang tinggi.
  6. Perhatikan sopir taxi yang mengemudi, jika penampilannya terlihat mencurigakan segera minta berhenti di tempat yang ramai.
  7. Selalu pegang ponsel untuk keadaan darurat.
  8. Berusahalah meninggalkan pesan kepada orang terdekat dengan memberikan sms. Contoh : "Mama, adek naik taxi Blue Bird dari Halte X menuju rumah, nopol N 1234 RS dengan pengemudi Budi.
  9. Fokus pada perjalanan Anda dan usahakan paham dengan rute jalan, ini memperkecil kemungkinan Anda dibawa muter-muter oleh pengemudi taxi.
  10. Perhatikan pandangan sopir melalui spion. Apabila pandangan pengemudi tidak fokus ke jalan, Anda boleh mulai lebih waspada.
  11. Selain waspada terhadap taxi yang Anda naiki, waspada juga terhadap sekeliling Anda. Pastikan pintu taxi sudah terkunci sehingga tidak ada orang dari luar yang tiba-tiba membuka pintu dari luar.
Seperti yang sering kita dengar bahwa kejahatan terjadi karena adanya kesempatan, maka dari itu selaluah waspada dan hati-hati dimanapun Mitra Humas berada.