Selasa, 05 Mei 2015

LOMBA FILM PENDEK POLRI BERHADIAH 750 JUTA RUPIAH





Keberadaan dan peran Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) menjadi kunci pokok dalam mewujudkan suasana kehidupan masyarakat yang aman, nyaman, tenteram, damai dan harmonis. Pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Polri sebagai pengayom, pelayan, pelindung, serta penegak hukum merupakan esensi paling krusial dalam penanganan setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat. Dalam rangka merekam dinamika pengabdian Polri bagi masyarakat Indonesia tersebut, Polri bekerjasama dengan PPWI dan Net.TV menyelenggarakan kegiatan Lomba Film Pendek Polri tahun 2015 (LFP Polri 2015) dengan tema "Di Sini Kita Mengabdi".

Lomba film pendek ini dimaksudkan untuk mendorong partisipasi masyarakat luas merekam segala kegiatan yang berhubungan dengan suasana pelaksanaan tugas dan fungsi Polri sebagai pelindung, pengayom dan penolong rakyat dimana saja mereka bertugas. Hasil rekaman berbentuk film/video ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan informasi kepada masyarakat tentang suka-duka dan komitmen anggota Polri dalam menjalankan tugasnya di lapangan.

Ketentuan dan Persyaratan Lomba :
  1. Lomba dimulai dari tanggal 1 Mei s/d 31 Juli 2015 pukul 24.00 WIB.
  2. Peserta lomba dibagi dalam tiga kategori. Jurnalis/Pewarta, Mahasiswa, dan Umum. Peserta bersifat individu atau kelompok dengan maksimal anggota sebanyak 5 orang, diluar tokoh (polisi) yang menjadi pemeran film/video.
  3. Obyek film/video yang diikutsertakan dalam lomba ini adalah tentang "Aktivitas (Kisah Nyata) Anggota Polri dalam Melayani, Mengayomi, Melindungi dan Menolong masyarakat".
  4. Lokasi pengambilan film/video adalah di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  5. Film harus hasil karya sendiri secara individu atau kelompok, dibuat dalam rentang waktu dari tanggal 1 Januari s/d 31 Juli.
  6. Film belum pernah diikutsertakan dalam lomba film/video dimanapun.
  7. Peserta hanya boleh mengikuti satu kategori lomba, namun dapat mengirimkan lebih dari satu buah karya film.
  8. Film menggunakan Bahasa Indonesia (jika menggunakan bahasa asing atau daerah, wajib mencamtumkan terjemahan bahasa Indonesia yang jelas).
  9. Judul film disesuaikan dengan tema utama lomba "Di Sini Kita Mengabdi"
  10. Mencamtumkan tema dan judul pada Opening Film, lengkap dengan lokasi dan nama pemain.
  11. Materi film tidak mengandung unsur SARA, kekerasan dan pornografi.
  12. Materi film merupakan segala bentuk audio-video yang menyampaikan segala bentuk kegiatan nyata (bukan rekayasa/imajinasi) kepolisian dalam keseharian mereka menjalankan tugas dan pengabdian kepada masyarakat.
  13. Durasi film 5-7 menit termasuk opening dan credit title.
  14. Musik/lagu/backsound dan materi lainnya (foto, grafis, dll) yang digunakan dalam film, boleh menggunakan milik orang lain selama bersifat bebas atau telah memperoleh izin dari pemilik hak yang bersangkutan.
  15. Setiap peserta mengunggah (upload) film ke website www.netmedia.co.id atau netcj.co.id dan mngirimkan tautan (link) film tersebut ke panitia melalui email : lomba.film.polri2015@gmail.com, pengiriman link ke email panitia tersebut wajib disertai Nama. Alamat, no. Telp/HP yang bisa dihubungi, Kategori yang diikuti, Scanning identitas peserta, Sinopsis film yang diikutsertakan dalam lomba, dan Poster film/video.
  16. Jika mengirim lebih dari satu karya, maka pengiriman dilakukan secara terpisah untuk setiap karya ke website www.netmedia.co.id atau netcj.co.id dan informasi link film-nya ke email panitia, lengkap dengan lampiran datanya.
  17. Pengiriman link film ke email panitia harus dicantumkan : Subject email: LFP Polri 2015 (nama peserta) judul film. Contoh : LFP Polri 2015 (Edi Prasetyo) Memberi Tanpa Pamrih.
  18. Untuk kategori Jurnalis/Pewarta, peserta harus menyertakan copy ID Press, kategori Pelajar/Mahasiswa menyertakan kartu pelajar/mahasiswa, dan untuk kategori Umum, peserta menyertakan KTP/SIM.
  19. Penjurian dilaksanakan pada tanggal 1 s/d 9 Agustus 2015.
  20. Pengumuman lomba akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2015.
  21. Penyerahan hadiah akan dilaksanakan padal tanggal 17 Agustus 2015.
  22. Hak penggunaan dari seluruh hasil karya Lomba Film Pendek Polri 2015 menjadi milik bersama Mabes Polri, PPWI Nasional, dan Net.TV. Namun Hak Cipta atas karya tersebut tetap menjadi milik para peserta lomba.


Penilaian lomba didasarkan pada kriteria :
  • Kesesuaian dengan tema;
  • Orisinalitas, keunikan ide, kedekatan faktual lapangan;
  • Teknik pengambilan film/video dan konsep editing;
  • Muatan pesan yang disampaikan (Mengabdi Kepada Rakyat).

Untuk para pemenang akan mendapatkan hadiah Trophy Kapolri dan Sertifikat, selain itu pemenang diberikan hadiah Tabanas senilai :
  • Juara 1 Rp 100 juta;
  • Juara 2 Rp 75 juta:
  • Juara 3 Rp 50 juta;
  • 5 hadiah favorit Rp 5 juta, untuk masing-masing kategori lomba.
Pajak hadiah ditanggung pemenang.

Bagi seluruh peserta lomba disediakan piagam penghargaan dari Polri, PPWI Nasional dan Net.TV.

Dewan Juri LFP Polri 2015 ini terdiri dari unsur : Divisi Humas Polri, PPWI Nasional, Net.TV, pengamat kepolisian, Pakar/Praktisi Perfilman.



Jakarta, 01 Mei 2015
Panitia Lomba Film Pendek Polri 2015
POLRI - PPWI - NET.TV