Sabtu, 09 Mei 2015

TELAT BAYAR PAJAK TAHUNAN, POLISI TETAP DAPAT MENILANG, INI BUKTINYA!!

Kraksaan, 9 Mei 2015 - Banyak yang bilang bahwa Polri, tidak berhak menindak pengendara kendaraan bermotor yang masa berlaku pajak di Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) sudah mati. Terutama via BBM, sosmed seperti FB, Twitter, kaskus, dan lainnya. Fakta hukumnya, Polisi tetap berhak menilang pengendara kendaraan bermotor yang STNK-nya mati, atau telat membayar pajak.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jendral Polisi Condro Kirono. Ia mengatakan, polisi berhak untuk menilang pengendara yang tidak membayar pajak kendaraannya. "Pajak mati pasti bisa ditilang, karena itu sudah ada peraturannya. Sudah sesuai undang-undangnya begitu," ujarnya usai acara peresmian Safety Riding Center Yogyakarta, Jumat (8/5/2015).

Berikut landasan hukumnya:

 1. STNK harus disahkan dan diperbarui setiap 1 tahun sekali. STNK ini berlaku selama 5 (lima) tahun dan setiap tahunnya harus dimintakan pengesahan (Pasal 70 ayat [2] UU LLAJ). Sedang syarat untuk disahkan ialah membayar pajak tahunan.

2. Jika pemilik kendaraan bermotor tidak melakukan registrasi ulang atau memperpanjang masa berlaku STNK sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun. Polisi berhak menghapus kendaraan tersebut dari daftar registrasi dan identifikasi yang bisa berakibat kendaraan bermotor tersebut tidak dapat diregistrasi kembali (Pasal 74 ayat [3] UU LLAJ).

3. Sebagaimana yang diatur Surat Keputusan No. Pol.: SKEP/443/IV/1998 tentang Buku Petunjuk Teknis tentang Penggunaan Blanko Tilang bagian Pendahuluan No. 4 huruf a ayat (2) mengenai pelanggaran lalu lintas jalan tertentu dijelaskan bahwa sesuai penjelasan Pasal 211 KUHAP, mengemudikan kendaraan bermotor yang tidak dapat memperlihatkan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Tanda Uji Kendaraan (STUK), yang sah atau tanda bukti lainnya yang diwajibkan menurut ketentuan perundang-undangan lalu lintas jalan atau ia dapat memperlihatkan tetapi masa berlakunya sudah kadaluwarsa dapat digolongkan dengan Pelanggaran Lalu Lintas Jalan Tertentu.

“Sederhananya, jika tidak ada stempel pengesahan di kolom pengesahan STNK tiap tahun, ya Polisi berhak menindak. Jadi, jika stnk anda tidak diperbarui dalam tahun berjalan, siap-siaplah kena tilang” jelas Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa  IPTU Sudarsono di sela sosialisasi Prosa FM, Sabtu pagi (9/5/2015).