Kamis, 19 November 2015

BUKU PUTIH KASUS LAKA MOBIL PATROLI POLSEK PAITON

Kapolsek Paiton AKP SUPARMIN bersama Muspika dan penyidik 
laka melaksanakan takziah dan memberikan santunan 
ke rumah korban an. Sdr SAMAD (19 th) Selasa (17/11)
Menyikapi pemberitaan tentang artikel yang memuat kejadian laka lantas antara mobil patroli Polsek Paiton dengan pengendara sepeda motor di Jl. Raya Paiton masuk Desa Karanganyar Kec. Paiton Kab. Probolinggo pada hari Rabu tanggal 28 Oktober 2015 sekira jam 21.00 wib, berikut ini kami sajikan "buku putih" berdasarkan profesionalisme penyidik laka lantas Polres Probolinggo sesuai fakta yang ada di lapangan. Tanpa ada kepentingan tertentu, berdasarkan sumpah dan jabatan sebagai seorang penyidik Polri yang dapat dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan yang Maha Esa.  


Kapolsek Paiton AKP SUPARMIN bersama Muspika dan penyidik laka 
 takziah ke rumah korban an. Sdr SAMAD (19 th),Selasa (17/11)
Hari Rabu tanggal 28 Oktober 2015 sekira jam : 21.00 Wib, penyidik laka lantas yang sedang melaksanakan dinas malam di Pos Lantas Sumberlele Kraksaan yaitu AIPTU ES SUGENG SANTOSO, SH, bersama BRIPKA WARTONO, S.H telah menerima laporan dari Polsek Paiton bahwasanya telah terjadi laka lantas di Jl. Raya Paiton masuk Desa Karanganyar Kec. Paiton Kab. Probolinggo, antara kendaraan dinas Polri Strada Nopol X-3313-37 Polsek Paiton yang dikemudikan oleh Sdr. AKP SUPARMIN, 55 th, LK, Polri (Kapolsek Paiton), alamat Aspol Polsek Paiton Polres Probolinggo kontra dengan kendaraan sepeda motor tanpa TNKB yang dikendarai oleh Sdr. ABDUL ROHMAN, 18 th, alamat desa Sidodadi kec. Paiton membonceng Sdr. IRWAN, 18 th dan Sdr. SAMAD, 19 th alamat desa Sidodadi kec. Paiton.

Setelah mendapat laporan tersebut, penyidik laka lantas mendatangi TKP dan melakukan olah TKP, memeriksa dan mengamankan barang bukti berupa sepeda motor tanpa TNKB serta kendaraan Dinas Polri Strada  nopol X-3313-37, serta mencari saksi-saksi yang ada di sekitar TKP, sehingga didapatkan kronologi kejadian laka lantas sebagai berikut :

Semula saksi menerangkan pada saat kecelakaan terjadi, situasi arus lalin sepi baik dari arah timur maupun barat, dengan kondisi jalan lurus dua arah (arah Timur-Barat), dengan lebar jalan 8m dan beraspal baik, juga terdapat rambu peringatan berupa lampu berwarna kuning. 

Kemudian saksi melihat kendaraan dinas Polsek Paiton Strada Nopol X-3313-37 berjalan dari arah Timur ke Barat dengan lampu rotator yang menyala, sesampai di TKP ketika belok ke kanan hendak masuk ke SPBU dengan sudah memberikan isyarat berupa lampu sein kanan, tiba-tiba ditabrak oleh pengendara sepeda motor tanpa TNKB dengan kecepatan tinggi yang tidak menggunakan helm dan berboncengan tiga, yang berjalan dari arah barat ke timur TANPA MENYALAKAN LAMPU UTAMA pada malam hari. 

Saksi menerangkan titik tubruk kecelakaan tersebut berada di Utara jalan (depan pintu masuk SPBU). Dan akibatnya kendaraan Dinas Polri rusak pada bagian depan, sedangkan sepeda motor juga rusak pada bagian depan dan belakang serta akibat kecelakan tersebut pengendara sepeda motor beserta 2 (dua) orang yang dibonceng mengalami luka-luka.

Sdr. IRWAN (18 th) yang sudah
membaik
Akibat dari kejadian tersebut, pengendara sepeda motor yang diketahui identitasnya bernama Sdr. ABDUL ROHMAN (pengendara sepeda motor), Sdr. IRWAN dan Sdr. SAMAD (yang dibonceng) mengalami luka dan dirawat di RS Waluyo Jati Kraksaan. Sehingga belum bisa dilakukan pemeriksaan oleh penyidik laka lantas.

Kemudian pada hari Sabtu tanggal 31 Oktober 2015 sekira jam 22.00 wib dilakukan pemeriksaan saksi-saksi yang menerangkan bahwa pada Hari Rabu tanggal 28 Oktober 2015 sekira jam : 21.00 Wib, saksi yang sedang berada di TKP melihat ke jalan raya, ada kendaraan Patroli hendak masuk ke SPBU dengan rotator yang menyala, tiba-tiba ada suara ledakan seperti ban meletus, ternyata saksi melihat kendaraan polisi bertabrakan dengan kendaraan sepeda motor yang tidak menyalakan lampu utama di malam hari dari arah Barat ke Timur yang saat itu di kendarai seorang laki-laki membonceng 2 orang laki-laki. Kemudian saksi langsung lari menolong korban dinaikan ke mobil dinas Polri untuk dibawa ke RSUD Waluyo Jati Kraksaan.

Selang beberapa hari pada hari minggu tanggal 15 Nopember 2015 pukul 15.30 penyidik laka mendapat SMS dari anggota Polsek paiton yang memberitakan bahwa Sdr. SAMAD telah meninggal dunia di RS Perkebunan Jember (yang sebelumnya telah dirujuk dari RSUD Waluyo Jati Kraksaan). Setelah membaca SMS tersebut penyidik laka melaporkannya kepada Kanit Laka IPDA BAGUS PURNAMA, SH.
MENJENGUK - Kanit laka IPDA BAGUS mngecek kondisi
Sdr. ABDUL ROHMAN (18 th) di rumahnya, Selasa (17/11)
Pada hari selasa tanggal 17 Nopember 2015 penyidik laka bersama Kanit Laka, Petugas Jasa Raharja  dan Muspika (Kapolsek Paiton, Danramil, Camat, Petinggi Sidodadi) takziah ke rumah korban (SAMAD, 19 th) kecelakaan di Paiton. Sehingga tidak benar bahwa Sdr. AKP SUPARMIN tidak pernah mengunjungi keluarga korban.

Direncanakan pada hari Jum'at  tanggal 20 Nopember 2015 akan dilakukan pemeriksaan oleh penyidik laka lantas Polres probolinggo terhadap dua orang pengendara sepeda motor yang kondisinya sudah membaik dan dipulangkan dari RS. Waluyo Jati Kraksaan.


Demikian buku putih kasus laka mobil Patroli Polsek Paiton dengan pengendara sepedamotor tanpa TNKB kami sajikan melalui verifikasi sebagaimana pedoman jurnalistik, diharapkan dengan dibukanya buku putih ini, dapat memberikan gambaran yang utuh terhadap kasus laka tersebut serta menghimbau para pembaca agar lebih selektif dan lebih bijak dalam memilih berita. (Satlantasprob/*)