Selasa, 24 November 2015

Satpol Air Gelar Latihan Gabungan Simulasi Laka Laut Dengan BPBD Probolinggo

Probolinggo - Satuan Polisi Air Polres Probolinggo hari ini melaksanakan giat simulasi kecelakaan laut, guna mengantisipasi kesiapan anggota Satpol air dalam menghadapi bencana. Selasa (24/11). Latihan hari ini merupakan latihan gabungan Satpol air Polres Probolinggo dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Probolinggo. Dari kedua instansi tersebut, total personil yang diturunkan dalam simulasi ini sejumlah 35 orang.

Adapun simulasi bencana kecelakaan laut yang hari ini disimulasikan dalam bentuk tenggelamnya kapal penumpang. Persiapan awal yang di lakukan adalah apel tentang plot dan bagian fungsi masing - masing personil yang telah dibuat oleh Kasat Pol air Polres Probolinggo. Selanjutnya, tepat pukul 10.00 WIB, simulasi dimulai dengan di lepasnya personil ke perairan Tanjung Tembaga Probolinggo.

Mengingat simulasi dalam hal penanggulangan bencana beresiko tinggi, semua personil telah dilengkapi pengetahuan untuk pengevakuasian korban serta safety yang telah di cek kelayakannya sebelum digunakan. Dengan ini, serangkaian tahap dalam simulasi ini dapat berjalan lancar tanpa adanya satu hambatanpun.

Kedepannya, lewat latihan gabungan seperti hari ini, Satpol air dan BPBD Probolinggo diharapkan telah siap secara mental dan materi untuk menghadapi bencana laut yang dapat datang sewaktu - waktu.