Selasa, 15 Desember 2015

Fenomena Air Sakti Sumbersuko


Probolinggo - Sumber air di Dusun Kalianyar, Desa Sumbersuko, Kecamatan Dringu, menjadi jujukan warga beberapa hari terakhir. Warga beranggapan air dari sumber tersebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Keberadaan sumber air ini sebenarnya sudah lama adanya, sekitar tahun 1990. Tiga tahun kemudian sumber air tersebut menjadi besar seperti kolam. Selama empat minggu terakhir sumber air tersebut digunakan warga untuk mandi dan mangambil airnya untuk kebutuhan air minum. Entah darimana asalnya, tiba - tiba berhembuslah kabar bahwa sumber air tersebut dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Masuk minggu ketiga, pengunjung tempat tersebut semakin ramai berdatangan karena mendengar air dari sumber air tersebut dapat menyembuhkan segala penyakit dari kabar mulut ke mulut.

Tak hanya dari Probolinggo, ada yang jauh-jauh datang dari Pasuruan sampai Malang untuk mengambil air.  Rido, 45, warga setempat mengatakan, Sumber Air tersebut tak hanya ramai dikunjungi saat siang. Saat malam, tak sedikit warga yang datang dengan membawa botol air minum dalam kemasan, jeriken, sampai galon.

Dengan adanya fenomena tadi, Polres Probolinggo bersama MUI menlaksanakan survei lokasi, Selasa (15/12). Survei kali ini dihadiri oleh Kabag Ops Polres Probolinggo, Kapolsek Dringu, Kapolsek Tegalsiwalan, MUI Kabupaten Probolinggo, dan sang pemilik lahan H. Nasir.

Dalam survei tersebut, Polres Probolinggo dan MUI menghimbau kepada pemilik lahan untuk dapat menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat dengan berkoordinasi dengan pemerintah Desa dan Kepolisian mengingat membeludaknya pengunjung tiga hari terakhir ini.

Polres Probolinggo juga memasang beberapa banner himbauan untuk selalu manjaga ketertiban dan keamanan di jalan menuju lokasi dan tepat di lokasi sumber air. Polres Probolinggo juga akan membatasi jam kunjung lokasi hanya pada siang hari, mengingat warga masih berdatangan hingga tengah malam. 

Polres Probolinggo juga akan menempatkan beberapa personil kepolisian untuk melaksanakan pengamanan di lokasi Sumber air.