Rabu, 23 Desember 2015

Gelar Apel Pasukan Oplin dan Pemusnahan Barang Bukti Narkoba, Miras, Knalpot Bronk

Probolinggo - Perayaan Hari Raya Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 sudah tinggal hitungan hari. Hari ini Polres Probolinggo melaksankan Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Semeru 2015. Apel yang dilaksanakan pagi ini pukul 08.00 WIB bertujuan untuk memeriksa kesiapan personil dan alat keamanan yang akan digunakan dalam operasi lilin semeru 2015.

Gelar apel pasukan pagi ini dihadiri oleh Jajaran Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Probolinggo, PJU Polres Probolinggo, jajaran Kapolsek se-Polres Probolinggo, jajaran Danramil se-Kodim 0820 kawasan Kabupaten Probolinggo, Kepala SKPD atau Dinas di lingkup Pemerintahan Daerah Kabupaten Probolinggo, MUI Kabupaten Probolinggo, Forum Komunikasi Umat Beragama, dan tokoh masyarakat lingkup Kabupaten Probolinggo.


Apel pagi ini dipimpin langsung oleh Kapolres Probolinggo, AKBP Iwan Setyawan di hadapan barisan Pom TNI, Kodim 0820, Polres Probolinggo, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Dinas Kesehatan, Orari, Satpam dan Anggota Pramuka Satuan Karya Bhayangkara.

Acara gelar apel pasukan pagi ini dibuka dengan pembacaan sholawat nabi dan asma'ul husna yangl angsung dipimpin oleh pimpinan apel, Kapolres Probolinggo. Dilanjut dengan susunan kegiatatan apel serta pembacaan note dari Kapolri, Jendral Polisi Badrotin Haiti kepada semua petugas keamanan Hari Raya Natal 2015 dan Tahun Baru 2016. Setelah itu dilanjutkan dengan penyematan pita dalam rangka operasi lilin semeru 2015 oleh beberapa perwakilan instansi pengamanan. Dalam apel ini juga dilaksanak pemeriksaan pasukan pengamanan, kendaraan dan alat keamanan dalam operasi lilin semeru 2015.


Setelah serangkaian Gelar Apel Pasuka Operasi Lilin selesai, kegiatan dilanjutnkan dengan pemusnahan barang bukti narkoba, minuman keras, dan kenalpot bronk di belakang lapangan apel. Seluruh barang bukti yang dimusnahkan hari ini merupakan hasil operasi Polres Probolinggo dari bulan Januari 2015. Lebih dari 2.000 botol minuman keras, lebih dari 14.000 butir pil, 22 gram sabu - sabu, dan ratusan knalpot bronk di musnahkan dlam kegiatan ini.

Sebelum melaksanakan pemusnahan barang bukti, Kasat Reskoba Polres Probolinggo terlebih dahulu membacakan berita acara pemusnahan barang bukti narkoba, minuman keras dan knalpot bronk. Dilanjut dengan penandatanganan persetujuan pemusnahan barang buti oleh Kapolres Probolinggo, Kasat Reskoba, Kasat Lantas, Dandim 0820, Kepala pengadilan Negeri, Kasat Pol PP, MUI dan FKUB. setelah penandatangan selesai barulah proses pemusnahan barang bukti dilakukan.

Awal pemusnahan semua barang buti tadi ditandai degan penyalaan api bersama oleh Forpimda yang hadir dalam kesempatan hari ini. Setelah api menyala barulah barang buti narkoba di musnahkan di dalam tong dengan api yang besar. Sementara untuk minuman keras, di awali dengan pelemparan botol minuman keras oleh Forpimda. Baru semua botol minuman keras digilas habis oleh alat berat silinder. Knalpot bronk hasil operasi lalu lintas dimusnahkan dengan cara di potong dan digilas bersamaan dengan pemusnahan minuman keras.

Kapolres Probolinggo juga menyampaikan kepada masyarakat yang hadir saat pemusnahan barang buti untuk selalu waspada akibat penylahgunaan narkoba dan minuman keras. Kapolres Probolinggo juga menghimbau untuk setiap orang tua agar memonitor anak - anaknya dengan ketat untuk menghindarkan anak - anak dari ancaman narkoba dan minuman keras.

"Ini barang barang yang dapat merusak generasi bangsa untuk menjadi pemimpin yang handal (sambil menunjuk barang bukti), Jangan sampai pemuda Kabupaten Probolinggo masih dirusak dengan barang barang seperti ini. Saya anjurkan untuk orang tua yang hadir, jangan takut untuk memeriksa barang - barang anaknya, terutama di tasnya. Monitor anak - anak, jangan sampai anak anda menjadi korban selanjutnya" Tegas AKBP iwan Setyawan.
AKBP Iwan Setyawan, selaku Pimpinan Apel

Penyematan Pita Operasi Lilin Semeru 2015
Pemeriksaan pasukan, kendaraan dan alat bantu pengamanan
Sambutan Kapolres Probolinggo

Penandatanganan persetujuan pemusnahan barang bukti

Penyalaan api pemusnahan narkoba oleh Forpimda

Pelemparan botol minuman keras oleh Forpimda
Pemusnahan Ribuan Botol minuman keras dan knalpot bronk