Senin, 07 Desember 2015

Kapolsek Lumbang Bebaskan Seseorang Dari Pemasungan

Probolinggo - Penangananan orang penderita sakit jiwa bisa saja bermacam - macam dilakukan oleh orang awam. Salah satunya yaitu memasung salah seorang anggota keluarga mereka yang mengalami gangguan jiwa dengan alasan agar tidak menyerang atau bahkan melukai orang lain.

Namun sejatinya merekapun juga manusia dengan hak yang sama dengan kita. Tak pantasnya di pasung bak sapi di kandangnya. Tak dapat bergerak kemana - mana, hanya berteriak bila memerlukan makan.

Hari ini Kapolsek Lumbang, Bhabinkamtibmas Lumbang, dan Babinsa Lumbang melakukan giat operasi pemasungan orang dengan kelainan jiwa di Desa Purut Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Petugas berhasil melepas pasung seorang pria lanjut usia yang di pasung di halaman belakang rumahnya. Petugas meminta keluarga pria tersebut untuk melepas pasungnya, serta memberi pengertian bagi keluarga untuk segera membawa pria tersebut ke Rumah Sakit Jiwa untuk mendapat penanganan yang benar oleh pihak RSJ.

Kedepannya Kapolsek Lumbang menghimbau agar tidak ada lagi kejadian pemasungan seperti ini. Jika memang salah seorang keluarga warga masyarakat mengalami kelainan jiwa, ada baiknya untuk langsung menghubungi pihak Rumah Sakit Jiwa guna mendapat perawatan lebih layak.