Jumat, 11 Desember 2015

Isu Santet Berujung Amuk Massa




Probolinggo - Lagi - lagi isu santet menyeruap ke permukaan warga Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan Kabupatenn Probolinggo. Akibat isu yang muncul hari ini berakhir dengan pengerusakan rumah tertuduh Romli (70). Rumah tertuduh mengalami kerusakan pada kaca jendela dan pintu akibat dilempari bongkahan batu kali oleh warga pihak Alm. Zainal.

Kejadian bermula pagi tadi pukul 03.00 WIB Zainal Arifin meninggal dunia di RSUD Waluyo Jati. Menurut keterangan dr. Mansur yang menangani Alm. Zainal, Alm. Zainal meninggal karena penyakit diare kronis. Dan penyakit diare tersebut sudah Alm. idap sejak dua tahun yang lalu.

Pukul 05.00 WIB jenazah Alm. Zainal di bawa pulang ke kediamannya di Dusun Durian Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan dengan menggunakan ambulan. Setiba jenazah di rumah duka, massa keluarga Alm. Zainal yang sebagian besar warga Desa Sumur Dalam Kecamatan Besuk mencari Ramli di kediamannya yang hanya berjarak 75m dari rumah duka.

Setelah dicari, namun tertuduh tak ditemukan di kediamannya. Lantas Masa penuduh yang tersulut emosinya menghujani rumah tertuduh dengan batu yang berada di areal sekitar rumah tertuduh. Akibatnya rumah tertuduh mengalami kerusakan pada kaca jendela dan pntunya.

Usai pemakaman Alm. Zainal yang di lakukan pada pukul 07.30 WIB, masa penuduh mendengar bahwa tertuduh bersembunyi di rumah saudaranya yang tak jauh dari rumah tertuduh. Massa langsung menggeruduk rumah Asim saudara Ramli untuk meminta tertuduh keluar. Namun petugas segera datang untuk mengamankan situasi chaos yang terjadi. Tak sempat massa menghakimi ramli, petugas kepolisian yang dikirim oleh Polres Probolinggo berhasil mengamankan tertuduh menuju Mapolsek Kraksaan.

Hingga siang hari, rumah tertuduh masih di jaga ketat kepolisian untuk menghindari amukan masa yang lebih anarkis. Dalam pengamanan dari pagi hari tadi, personil kepilisian Polres Probolinggo dipimpin oleh Wakapolres Probolinggo, Kabag Ops, Kasat Shabara, dan Kapolsek Kraksaan.

Hingga siang ini kepolisian masih melakukan pengamanan di lingkungan Dusun Durian Desa Kali Buntu Kecamatan Kraksaan untuk mengkondisikan warga agar kembali kondusif.