Senin, 18 Januari 2016

Aksi Damai Mogok Kerja Pegawai PT. CENDANA PUTRA NUSANTARA


Probolinggo - Hari ini para pegawai dari PT. CENDANA PUTRA NUSANTARA melakukan aksi damai mogok kerja sejumlah 200 orang. Pegawai yang melakukan mogok kerja tersebut memenuhi gerbang masuk PT. CENDANA PUTRA NUSANTARA yang terletak di Desa Paras Kecamatan Tegal Siwalan . Aksi ini dilakukan karena gaji pegawai yang bekerja 6 hari satu minggunya hanya dibayar 5 hari saja. Akhirnya sejumlah pegawai yang terkoordinir ini memutuskan untuk mogok kerja hingga pihak perusahaan  mau menuruti tuntutan para pegawai tersebut.

Dalam aksi damai ini pihak perusahaan tak tinggal diam dan memediasi perwakilan pegawai untuk dapat berdialog dan mendaapat jalan keluar bersama dari permsalahan di perusahaan tersebut. Mediator yang hadir dalam mediasi pegawai dan pihak perusahaan hari ini adalah Petinggi Desa Paras Kecamatan Tegal siwalan, perwakilan management PT. CENDANA PUTRA NUSANTARA, Muspika Kecamatan Tegal Siwalan, dan perwakilan 15 orang pegawai yang melakukan aksi mogok kerja.

Para pegawai menuntut aagar management perusahaan bersedia memutasi kepala produksi yang membuat kebijakan 6 hari kerja 5 hari terhitung kerja. Perwakilan pegawai juga meminta untuk menyesuaikan gaji yang mereka terima dengan UMK yang berlaku.Dan tuntutan terakhir dari pegawai adalah adanya tunjangan kesehatan bagi pegawai yang bekerja di perusahaan terkait.

Hasil dari mediasi yang diperoleh hari ini adalah bersedianya perwakilan perusahaan untuk menampung aspirasi pegawainya untuk selanjutnya disampaikan pada pimpinan perusahaan yang hari ini berhalangan hadir karena sedang berada di semarang. Selanjutnya massa pegawai membubarkan diri dengan kondusif sambil menunggu keputusan pimpinan perusahaan.

Aksi damai ini berjalan dengan aman dan tertib dengan tidak adanya chaos yang terjadi antara petugas pengamanan dengan massa aksi hingga pelaksanaa aksi damai ini selesai.