Selasa, 26 Januari 2016

Peresmian Rukan Bhabinkamtibmas Polres Probolinggo

Probolinggo - Pagi hari ini, selasa (26/1) Polres Probolinggo punya gawe besar. Polres Probolinggo hari ini kembali meresmikan suatu produk hasil pemikiran Kapolres Probolinggo yang inovatif. Bagaimana tidak? hingga saat ini baru Polres Probolinggo lah yang mendahukui membangun sebuah kantor yang bergabung langsung dengan rumah anggota Bhabinkamtibmas.

Ya, rumah kantor Bhabinkamtibmas. Rumah kantor ini merupakan ide usil yang cerdas dari Kapolres Probolinggo, AKBP Iwan Setyawan. Inspirasi pembangunan rukan yang berdekatan langsung dengan lingkungan masyarakat pedesaan beliau contoh dari Kepolisian Negara Jepang. DImana hampir setiap anggotanya bertempat tinggal di pedesaan, dekat dengan masyarakat luas. Sehingga setiap terjadi peristiwa yang memerlukan bantuan Kepolisian dapat terkover dengan cepat.

Contoh inilah yang akhirnya Kapolres Probolinggo adopsi untuk keperluan pelayanan kepolisian 24 jam nonstop di daerah pedesaan yang terlampau jauh dari Polsek. Dari ide ini diharapkan nantinya, pelayanan terhadap masyarakat pedesaan di wilayah hukum Polres Probolinggo dapat terkover ecara menyeluruh.

Hari ini merupakan hari peresmian rumah kantor Bhabinkamtibmas yang bertempat di kediaman Ipda Achmad Hasani di Desa Randu Merak Kecamatan Paiton. Sebenarnya tidak hanya 1 rukan saja yang telah didirikan, namun sudah mencapai 26 rukan di beberapa desa untuk sementara ini. Diresmikannya rukan di Desa Randu Merak ini hanyalah merupakan peresmian simbolis sejumlah 25 rukan lainnya di beberapa Desa.

Acara hari ini dimulai dari pukul 08.30 WIB dimana rombongan iring iringan Kepala Dir Binmas Polda Jatim, dan Forkopimda Kabupaten Probolinggo tiba di tempat acara. Dimana rombongan disambut dengan tabuhan Hadrah Polres Probolinggo saat hendak memasuki tempat acara. Selain Forkopimda, acara hari ini juga dihadiri oleh para kabag dan kasat Polres Probolinggo, Anggota Bhabinkamtibmas Polres Probolinggo, Anggota Babinsa Kodim 0820, dan Kasat Pol PP beserta anggotanya.

Acara awal dimulai dengan pengenalan fungsi rumah kantor bhabinkamtibmas ini yang dikemas dalam sebuah drama dengan isu santet. Dimana dalam drama yang dipersembahkan oleh Sat Binmas Polres Probolinggo ini diceritakan bahwa fungsi rumah kantor bhabinkamtibmas adalah sebuah kantor pelayanan yang dapat di lakukan kapan saja. Karena rukan tersebut merupakan kediaman sang petugas Bhabinkamtibmas di Desa. Dalam cerita tersebut, ibu bhayangkari atau istri dari sang petugas Bhabinkamtibmas tersebut juga dapat menerima laporan warga yang nantinya akan di teruskan pada petugas Bhabinkamtibmas untuk diproses secara cepat dengan tidak harus melalui Polsek atau bahkan sampai ke Polres.

Rukan Bhabinkamtibmas ini juga berfungsi sebagai pengoptimalan tiga pilar pelayan publik, yaitu Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa untuk saling berkoordinasi untuk penyeselesaian masalah Desa dengan cepat dan efektif karena letak rukan yang berdekatan langsung dengan masyarakat pedesaan.

Usai drama yang menerangkan fungsi Bhabinkamtibmas, acara dilanjut dengan selayang pandang tentang Polres Probolinggo, dimana dalam acara ini Polres Probolinggo menampilkan sebuah video profil Polres Probolinggo dan tanggapan masyarakat tentang rukan Bhabinkamtibmas tersebut. Dilanjut dengan sambutan Kapolres Probolinggo.

Usai Sambutan Kapolres Probolinggo, barulah giliran sambutan Bupati Probolinggo, ibu Hj. Tantriana Sari S.E. Seperti yang disampaikanm diatas, Bupati Probolinggo juga terkesan denga ide usil Kapolres Probolinggo ini yang dapat memanfaatkan biaya seminimal mungkin dengan pelayanan yang efektif. Perlu diketahui juga, pembangunan rukan ini merupakan sukarela oleh petugas Bhabinkamtibmas dengan tidak menggunakan biaya anggaran daerah sama sekali.

Setelah Bupati Probolinggo memeberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan pemberian piagam dan alat komunikasi secara simbolis kepada perwakilan petugas Bhabinkamtibmas oleh Kepala Dir Binmas Polda Jatim, Kombes Pol Drs. Gamar Basri. Kemudian acaara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Dir Binmas Polda Jatim. Dalam sambutannya Kombes Pol Drs. Gahar Basri juga mengaku bungah, dengan pemikiran Kapolres Probolinggo yang belum terpikir sebelumnya oleh jajaran Polres Lain.

Usai sambutan Kepala Dir Binmas Polda Jatim, barulah acara inti dimulai. Ya, peresmian rumah kantor Bhabinkamtibmas oleh Kepala Dir Binmas Polda Jatim. Dimana Kepala Dir Binmas Polda jatim meresmikan dengan cara menekan sirine yang akan membuka tirai rukan tersebut. Dilanjut dengan pemotongan karangan bunga sebagai peresmian simbolik 25 rukan Bhabinkamtibmas dan 1 rukan Bhabinkamtibmas Pol Air.

Setelah rangkaian acara yang cukup singkat tersebut usai, acara ditutup dengan pembacaan do'a oleh KH. Syihabuddin tokoh agama Kabupaten Probolinggo. Kemudian acara dilanjutkan kedalam ruang ramah tamah yang telah Polres Probolinggo siapkan. Disela - sela ramah tamah yang dilaksanakan Bupati Probolinggo juga membagikan santunan terhadap anak yatim dan kaum dhuafa sekitar rukan Bhabinkamtibmas Desa Randu Merak. Alhamdulillah acara dapat berjalan lancar dengan tidak adanya hambatan dalam setiap prosesnya.