Selasa, 19 Januari 2016

Polres Probolinggo Kirimkan Air Bersih Pada Desa Yang Terkena Dampak Abu Bromo


Probolinggo - Hari ini Sat Sabhara Polres Probolinggo dan Dokkes Polres Probolinggo kembali mengunjungi Desa Jetak, Ngadas, Ngadisari. Kunjungan Sat Sabhara dan Dokkes Polres Probolinggo kembali melaksanakan bakti sosial terhadap masyarakat ketiga desa yang terkena dampak dari kegiatan vulkanik gunung Bromo. Beda dengan Bakti sosial yang di laksanakan pada Kecamatan Lumbang beberapa waktu yang lalu yang hanya membagikan masker kepada masyarakat Kecamatan Lumbang yang terkena dampak serupa. Hari ini Sat Sabhara dan DOkkes Polres Probolinggo berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Probolinggo untuk menyediakan air bersih kepada tiga Desa yang terletak radius 2,5Km dari kawasan wisata gunung Bromo.

Dibagikannya air bersih ini bertujuan agar warga tercukupi pasokan air bersihnya. Mengingat setelah dirundung abu vulkanik beberapa hari bulan lalu, air yang tersedia di sumber air di ketiga desa tersebut tidak layak konsumsi. Dengan ini Sat Sabhara dan Dokkes Polres Probolinggo berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Probolinggo menirimkan 5 truk bermuatan air bersih 15.000 liter layak konsumsi untuk warga ketiga desa tersebut.

Giat Bakti sosial hari ini dimulai dari pukul 09.00 WIB berangkat dari pos awal pemberangkatan yaitu Polsek Sukapura. Tujuan awal giat adalah Desa Jetak untuk pembagian air bersih kepada warga sekitar. Warga dengan sekejap menyerbu truk pengangkut air bersih dengan membawa beberapa  jurigen dari rumah mereka masing -  masing. Warga Desa Jetak mengaku sangat bersyukur Polres Proboliggo dan BPBD Kabupaten Probolinggo mengirim pasokan air bersih kepada warga. Dikarenakan tiga hari terakhir ini warga telah kesusahan untuk mendapat pasokan air bersih untuk keperluan rumah tabngga. Kasat Sabhara Polres Probol8inggo juga menuturkan bahwa pengiriman pasokan air bersih ini akan setiap hari di kirim untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Desa Jetak, Ngadas, dan Ngadisari. "Kami usahakan untuk setiap hari pengiriman air bersih ini bisa dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga yang terkena dampak kegiatan vulkanik gunung Bromo" Lanjut AKP Istono.

Dalam sela - sela pembagian air bersih kali ini, tim Dokkes Polres Probolinggo juga membagikan masker kepada setiap warga yang hadir untuk mengisi jurigennya dengan air bersih. Tidak hanya pada pengendara atau warga yang berkerumun di pos pengisian air bersih pertama saja, tim dokkes juga membagikan ke setiap rumah sepanjang jalan Desa Jetak.

Usai memasok air bersih di Desa Jetak, anggota giat langsung bergeser ke SDN Jetak yang tak jauh dari lokasi pos pengisian air bersih pertama. Dalam kunjunagnnya ke SDN Jetak, Polres Probolinggo membagikan makanan tambahan gizi siap saji dari BPBD Kabupaten Probolinggo pada guru dan murid SDN Jetak. Hal ini disambut baik oleh guru dan murid SDN Jetak yang saat itu masih dalam jam pembelajaran aktif. Saat pembagian tak lupa pula tim Dokkes Polres Probolinggo kembali membagikan masker kepada guru dan murid SDN Jetak.

Usai serangkaian di Desa Jetak kegiatan berlanjut ke Desa Ngadas dan Ngadisari dengan rangkaian kegiatan yang sama. Hanya saja di Desa Ngadisari, anggota giat kembali mengunjungi sekolah yang masih aktif jam pembelajarannya untuk membagikan makanan tambahan gizi siap saji. SMKN 1 Sukapura merupakan tujuan akhir anggota giat bakti sosial hari ini. Tak lupa Kapolsek Sukapura, AKP Noer Khoiri menhimbau pada murid SMKN q Sukapura untuk selalu menaati peraturan lalu lintas yang ada. "Awas, ada salah satu dari kalian lewat depan Polsek Sukapura tidak memakai Helm dan memakai knalpot brong, saya tangkap nanti' sambil bergurau Kapolsek Sukapura melanjutkan himbauannya.

Dalam giat Hari ini, jumlah logistik yang dibagikan adalah 15000 liter air bersih layak konsumsi, 5000 masker, dan 1000 makanan tambahan gizi siap saji. Selama rangkaian acara berlangsung dengan tertib dan tidak menemui hambatan yang tidak diinginkan. Anggota giat kembali ke pos 1 Polsek Sukapura, sementara sisa pasokan air kembali di distribusikan ke Desa Cemoro Lawang oleh 3 truk pengangkut dan 6 personil Sat Sabhara Polres Probolinggo untuk mengawal perjalanan air bersih ke Desa Cemoro Lawang.