Sabtu, 12 Maret 2016

Gowes Dan Aksi Sosial Bersama Polres Probolinggo

Probolinggo - Polres Probolinggo kembali menggelar gowes bareng pada akhir pekan ini, sabtu (11/3). Pada gowes kali ini Polres Probolinggo berkoordinasi dengan Polres Kota Probolinggo, Kodim 0820, dan Perhutani gading untuk bersepeda bersama melalui kawasan hutan lindung Perhutani di Kecamatan Gading. Total peserta yang dihadirkan hari ini dari instansi terkait berjumlah 181 anggota.


Start awal dimulai dengan melakukan stretching di Mapolsek Gading pada pukul 06.00 WIB. Setelah seluruh anggota gowes bareng selesai melakukan stretching barulah seluruh anggota yang dipimpin oleh Kapolres Probolinggo dan Dandim 0820 bergeser menuju Pondok Pesantren <iftahul Jannah. Kedatangan anggota ke Ponpes Miftahul Jannah tersebut dimaksudkan untuk melakukan aksi sosial dengan memberi sumbangan berupa alat pengajaran siap pakai dari Polres Probolinggo. Pemberian bantuan tersebut disampaikan secara simbolik oleh Kapolres Probolinggo, Dandim 0820, dan Kepala Perhutani Gading.


Tak berlama - lama di Ponpes miftahul jannah, sekitar pukul 07.00 WIB anggota gowes mulai bergerak menuju salah satu hutan lindung yang pernah terbakar tahun lalu. Dipimpin Kepala Perhutani Gading di hutan yang gundul hangus tersebut anggota goowes kembali melakukan aksi sosial Investasi Oksigen dengan menanami lahan gundul bekas kebakaran tersebut dengan 450 bibit pohon sengon. Diawali oleh Kapolres Probolinggo dan Dandim 0820, selanjutnya selurh peserta juga turut menanam bibit sengon yang telah disediakan oleh pihak Perhutani Gading di setiap lubang yang telah terukur.

Usai penanaman barulah rute tengah hutan dilewati oleh anggota gowes hari ini. Dari arah hutan bekas kebakaran Desa Nogosaren tersebut, selanjutnya rute dilanjutkan membedah hutan menuju Desa Duren Kecamatan Gading. Disinilah ketahanan fisik anggota gowes mulai di uji. Dari Dea Duren menuju Desa Sumber Kembang, rute yang dilalui merupakan rute dengan tanjakan tajam dengan jalan yang masih berbatu. Banyak anggota gowes yang mulai merasa letih sebelum akhirnya berhasil menyeberangi sungai di Desa Sumber Kembang untuk menuju pos peristirahatan di kediaman salah satu anggota DPRD Kabupaten Probolinggo, H. Aziz di Desa Tomangan.

Dari raut wajah anggota gowes terlihat bagaimana mereka merasa letih melawan rute yang benar benar ekstrim di Desa Sumberkembang menuju Desa Tomangan. Kapolres Probolinggo pun mengakui bahwa rute tersebut adalah rute yang menantang anggotanya untuk melawan rasa letih untuk menuju tujuan yang akan dicapai. Kapolres probolinggo AKBP Iwan Setyawan juga mengakui baru rute inilah yang dianggapnya paling berat selama menjalani gowes yang rutin dilaksanakan setiap akhir pekannya.
Setiba di pos peristirahatan pertama, anggota benar - benar memanfaatkan dengan baik jatah istirahat tersebut dengan mengumpulkan tenaga kembali sebelum akhirnya bergerak menuju finisyh di Desa Sentul Kecamatan Gading. Anggota gowes disambut hangat oleh tuan rumah dengan suguhan snack dan makan siang. 

Setelah merasa cukup mengisi tenaga anggota gowes kembali melanjutkan perjalanan ke arah Desa Sentul Kecamatan Gading. Rute yang dilewati kini merupakan rute menurun tajam yang lagi - lagi ekstrim. Sempat terjadi insiden kecelakaan yang dialami oleh AKP Jamal. Beliau terjungkal kala menuruni rute akibat tidak memperhatikan rem. Namun syukur beliau tidak mengalami cedera yang membuatnya kembali bisa meneruskan gowes menuju finish di Desa Sentul.

Sesampai di finish tampaklah wajah girang seluruh anggota gowes yang berhasil menaklukan rute ekstrim milik Perhutani Gading tersebut. Di garis finish, seluruh anggota gowes menjalani pengecekan akhir sebelum akhirnya kembali ke Mako masing - masing.