Selasa, 19 April 2016

Kunjungan Kerja Dit Pam Obvit Polda Jatim Ke PLTU Paiton

Probolinggo - Kapolres Probolinggo AKBP Iwan Setiyawan bersama rombongan Pam Obvit Polda Jatim melakukan kunjungan di salah satu obyek vital nasional PLTU Paiton, Selasa (19/4) pagi tadi. Kunjungan ini dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi dan sekaligus pemantauan akan kondisi keamanan lingkungan yang ada di PLTU Paiton terkait ancaman gangguan dari eksternal. Dimana, PLTU Paiton sendiri merupakan salah satu diantara tiga pilar pembangkit yang ada di Jawa Bali selain PLTU di Jawa Tengah dan Jawa Barat.



Dari Dit Pam Obvit Polda Jatim sendiri dipimpin oleh Kombespol Drs. Yoyok Subagio yang menjabat sebagai Dirpamobvit Polda Jatim yang juga didampingi oleh Kabagops Obvit Polda Jatim, Kanit I Waster Polda Jatim. Selain Kapolres Probolinggo, tim juga didampingi dari Koordinator Keamanan Unit PLTU, Keamanan Laut TNI AL, dan Kementrian Perhutani. 



Setibanya di PLTU Paiton, tim langsung menuju ke GITET, yakni merupakan sebuah gardu induk yang bertugas untuk mentransmisikan energi listrik guna memenuhi kebutuhan konsumen akan listrik. Tim melakukan pemantauan terhadap keamanan di tempat tersebut. Karena termasuk salah satu komplek pembangkitan yang sangat vital dan penting. Apabila terjadi kerusakan pada GITET, bisa jadi sebagian Jawa akan mengalami pemadaman bergilir, bahkan bisa juga terjadi "Black Out" atau kehilangan listrik seluruh Jawa Bali. Kunjungan dilanjutkan ke area Disphosal, Oil Jetty, Coal Jetty, dan Admin Building PT PJB UP Paiton. Selesai dengan pemantauan di tempat-tempat tersebut, tim menuju ke ruang rapat untuk melaksanakan koordinasi bersama Management Operator Unit PLTU tentang asistensi dan evaluasi sistem pengamanan obyek vital nasional PLTU Paiton.