Rabu, 13 April 2016

Operasi Bersinar Aparat Gabungan, Lakukan Tes Urine Ditempat

Probolinggo - Tim gabungan dari Polres Probolinggo, Kodim 0820 Probolinggo dan Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Probolinggo, gelar razia Operasi Bersinar Terpadu dan tes urine. Razia kali ini dengan sasaran penghuni kos-kosan, hotel, dan pengunjung cafe dan tempat hiburan di wilayah Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Operasi Bersinar 2016 ini dilakukan dalam rangka pencegahan beredarnya narkoba di Kabupaten Probolinggo.

Operasi Bersinar ini dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Probolinggo Kompol Budi Sulistyanto. Selain melakukan pemeriksaan dan pencarian terhadap obat-obatan terlarang, petugas juga mengambil sampel urine dari orang-orang yang dicurigai mengkonsumsi narkoba oleh tim Biddokkes Polres Probolinggo.

Dalam operasi semalam, tidak ditemukan obat-obatan terlarang oleh petugas. Hasil tes urine pun juga negatif. Namun, di salah satu hotel kelas melati, petugas mendapati salah satu pasangan bukan suami istri yang sedang berduaan dalam satu kamar. Karena tidak dapat menunjukkan surat bukti yang sah, keduanya pun digelandang ke Polsek Kraksaan. Selanjutnya, keduanya dilakukan pembinaan dengan melibatkan kepala desa yang bersangkutan agar tidak mengulangi perbuatannya lagi.

"Razia ini diberi sandi Operasi Bersinar singkatan dari Berantas Sindikat Narkoba. Untuk pelaksanaannya dilakukan selama sebulan penuh. Meskipun operasi malam ini tidak ditemukan narkoba, akan tetapi kami akan terus melakukan razia dadakan ke tempat-tempat diduga menjadi peredaran narkoba," ungkap Kabag Ops.

Kedepan, operasi ini secara berkelanjutan akan tetap dilaksanakan guna mencegah peredaran narkoba, dimana Indonesia saat ini sudah dalam status darurat penyalahgunaan narkoba. Polres Probolinggo akan meningkatkan giat preventif berupa kampanye dan penegakkan hukum bagi yang kedapatan mengedarkan ataupun pengguna narkoba.