Rabu, 27 April 2016

Operasi Bersinar Semeru 2016, Polres Probolinggo Amankan 1.546 Pil Dextro dan 4,09 Gram Sabu



Probolinggo - Dalam rangka Operasi Berantas Sindikat Narkoba (Bersinar), anggota Polres Probolinggo tak henti-hentinya mengungkap berbagai kasus. Selama operasi berlangsung, Satuan Reserse Narkoba Polres Probolinggo beserta jajarannya telah berhasil mengungkap sebanyak 12 kasus narkoba. Terbukti, sebanyak 14 pelaku yang diduga kuat sebagai pengedar dan pengguna barang haram dan mematikan tersebut sudah dibekuk petugas.


Dari 14 pelaku yang diamankan, 7 diantaranya terlibat dalam kasus sabu-sabu. Sedangkan 7 pelaku lainnya terlibat dalam kasus pil Dextro dan pil Trex. Selain itu, anggota Satreskoba Polres Probolinggo dan jajarannya juga berhasil mengamankan sekitar 1.500 berbagai macam minuman keras. Sedangkan total barang bukti yang sudah disita petugas diantaranya 4,09 gram sabu-sabu, 1.546 butir pil Dextro, dan 321 pil Trihexyphenidyl.


"Para pelaku ini berhasil diciduk di beberapa lokasi berbeda. Ada yang di hotel, atau saat pengamanan konser," papar Kasat Reskoba AKP Suherly Sanjaya, saat jumpa pers Rabu (27/4) siang tadi.

Kasat Reskoba juga menambahkan, untuk pelaku sabu-sabu akan dijerat dengan pasal 114 ayat 1 sub pasal 112 ayat 1 undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara. Sedangkan kasus pil dextro atau pil trex akan dikenakan pasal 197 sub 196 Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara.

Di waktu yang sama, Kapolres Probolinggo AKBP Iwan Setiyawan juga mengatakan, pihaknya tak akan berhenti memberantas narkoba di wilayah Kabupaten Probolinggo. Meskipun operasi sudah selesai, tak berarti tugasnya juga rampung. Polres Probolinggo akan terus menggerakkan sosialisasi anti penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat.

"Kami sudah memasang spanduk-spanduk di wilayah Probolinggo, serta sosialisasi baik di sekolah-sekolah juga di kantor-kantor dinas dan tempat keramaian masyarakat." ungkap kapolres.

Masyarakat diminta untuk aktif melaporkan jika melihat kegiatan peredaran Narkoba. Siapapun yang melakukannya. Hubungi Nomor SPK Sentra Pelayanan Kepolisian dibawah ini. 

0335-844110