Senin, 04 April 2016

Ratusan Anggota Polres Probolinggo Jalani Tes Urine

Probolinggo - Suasana berbeda tampak terlihat di kantor Mapolres Probolinggo. Tanpa ada pemberitahuan, sekitar 150 anggota kepolisian dari satuan reserse kriminal, reserse narkoba, staf, termasuk juga kapolres dan para perwira polres dan Kapolsek jajaran beserta anggotanya, yang pada hari Senin rutin melaksanakan apel pagi di mapolres, dikumpulkan untuk mengikuti test urine yang dilakukan petugas kesehatan Polres Probolinggo. Kapolres Probolinggo AKBP Iwan Setiyawan mengungkapkan, upaya pencegahan penggunaan narkoba melalui operasi Berantas Sindikat Narkoba (Bersinar) 2016 yang dilakukan jajaran Polres Probolinggo tidak hanya dilakukan untuk khalayak umum. Namun, juga dilakukan di internal kepolisian. Operasi ini merupakan bagian dari upaya kepolisian memberantas bandar dan pemakai narkoba, harus dipastikan jika aparat bebas dari penyalahgunaan nerkoba.

"Tes urine ini, selain mendukung adanya operasi Bersinar 2016, juga sebagai upaya pencegahan kepada anggota agar tidak mencoba-coba menggunakan narkoba. Karena mereka sangat rentan dan sering di lapangan. Dan tes urine ini akan kita lakukan secara berkala dan mendadak. Supaya para anggota Polres Probolinggo bisa menghindari penggunaan ini," ungkap Wakapolres Probolinggo saat jumpa pers, Senin (4/4).


Secara bergantian, masing-masing anggota yang bertugas mengikuti tes urine termasuk sejumlah perwira pejabat Polres Probolinggo. Petugas Biddokkes Polres Probolinggo melakukan pemeriksaan terhadap seluruh sampel urine anggota. Dari hasil akhir pemeriksaan diketahui tidak ada satupun urine anggota yang positif menggunakan narkoba.