Senin, 11 April 2016

Serah Terima Jabatan Tiga Kapolsek Jajaran Polres Probolinggo


Probolinggo - Bertempat di ruang eksekutif Mapolres Probolinggo, Senin (11/4) pukul 09.00 Wib pagi tadi, Kapolres Probolinggo AKBP Iwan Setiyawan memimpin pelaksanaan upacara serah terima jabatan tiga kapolsek jajaran Polres Probolinggo. Mereka diantaranya Kapolsek Kraksaan yang sebelumnya dijabat oleh Kompol Subadar digantikan Kompol Faruq Mustofa Kamil yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsekta Wonoasih Polresta Probolinggo, Kapolsek Pajarakan yang sebelumnya dijabat oleh AKP Sugeng Wikhanto digantikan AKP Kukuh Juniar Efendi. Sedangkan Kapolsek Krucil yang sebelumnya dijabat oleh AKP Kukuh Juniar Efendi digantikan oleh AKP Mahmud. Kompol Subadar sendiri menempati posisi sebagai Analisa Kebijakan Bag Perencanaan Polres Pasuruan.

Dalam sambutannya, kapolres menyampaikan, dalam prinsip berorganisasi sekaligus dalam rangka mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan, ada hal yang perlu diingat, bahwa kewenangan bisa didelegasikan kepada pejabat di bawahnya, tetapi tanggung jawab tidak bisa didelegasikan. Itu artinya bahwa kewenangan dan tugas-tugas kepolisian yang kita emban adalah pelimpahan kewenangan dari pimpinan Polri yaitu Kapolri dan secara berjenjang turun kepada pejabat dibawahnya, begitu terus sampai dengan pejabat kapolsek. Oleh karena itu, kita harus sadar betul bahwa jabatan yang kita sandang itu adalah amanah yang harus dipertanggung jawabkan, baik kepada masyarakat maupun kepada Allah SWT. Selain itu, tugas kepolisian di jajaran Polres Probolinggo saat ini dan mendatang semakin kompleks. Hal ini karena situasi dan kondisi pemikiran masyarakat Kabupaten Probolinggo yang belum begitu berkembang. Untuk itu, diharapkan seluruh anggota dapat saling mendukung dan membangun kerja sama yang harmonis, serta dapat selalu memeliharan dan meningkatkan kewaspadaan, kepekaan, dan daya tanggap dalam mengamati serta mengantisipasi perkembangan yang dapat mempengaruhi secara negatif bahkan destruktif.

Menutup acara, kapolres mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama atas upaya serta kerja keras yang dilakukan. Kapolres juga mengharapkan kepada pejabat yang baru agar dapat melaksanakan tugas dan kewajiban di tempatnya dengan cepat menganalisa situasi kondisi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru sehingga terciptanya kamtibmas.