Rabu, 25 Mei 2016

3 Pelaku Curanmor Berhasil Dibekuk Polres Probolinggo

Probolinggo - Jajaran Kepolisian Resort Probolinggo berhasil mengungkap tiga kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Kasus ini merupakan pengungkapan selama kurun waktu bulan Mei 2016. Saat dilakukan konferensi pers di halaman Mapolres Probolinggo, Rabu (25/3), sejumlah tiga tersangka dihadirkan. Saat proses penangkapan, satu orang tersangka dilumpuhkan dengan timah panas lantaran melawan petugas.


Tiga kasus pencurian itu diantaranya, tersangka Zainal (42), yang mencuri sebuah sepeda motor Kamis (9/5) lalu di wilayah Kecamatan Maron. Dari penangkapan Zainal ini, petugas melakukan pengembangan yang mengarah kepada seorang penadah sepeda motor curian bernama SY. Namun, saat dilakukan penggerebekan di rumahnya, SY sudah melarikan diri. Sedangkan petugas hanya menemukan beberapa barang bukti yang kemudian diamankan ke mapolres. Saat ini, SY masih dilakukan pengejaran oleh petugas.

Kasus curanmor selanjutnya yakni tersangka Samsudin Toyo (26), warga Kecamatan Paiton, yang ditangkap anggota Polsek Kraksaan Kamis (19/5) lalu, karena dilaporkan mencuri sepeda motor di wilayah Kecamatan Kraksaan. Selang dua hari, anggota Polsek Paiton bersama Buser Timur kembali menangkap pelaku curanmor bernama Abdul Azis (30). Dari hasil interogasi petugas terhadap pelaku, Abdul Azis ternyata satu komplotan dengan Samsudin Toyo. Pelaku mengaku pernah melakukan pencurian di 4 TKP di wilayah Paiton dan Kraksaan.

Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin menerangkan, keberhasilan pihaknya ini tak hanya kesiapsiagaan petugas yang segera melakukan penyelidikan terhadap para pelaku tindak kejahatan, melainkan juga masyarakat yang segera melaporkan dan memberi informasi kepada petugas kepolisian. "Masih ada satu pelaku yang dicurigai sebagai penadah belum tertangkap. Kami akan tetap melakukan pengejaran terhadap pelaku," papar kapolres.