Kamis, 02 Juni 2016

Polres Probolinggo Gelar Apel Besar Empat Pilar & Pemusnahan Miras

Probolinggo - Kamis (2/6) pukul 08.00 Wib, bertempat di lapangan apel Mapolres Probolinggo, dilaksanakan kegiatan Apel Besar Empat Pilar. Apel besar ini digelar dalam rangka memberantas Molimo Plus menjelang bulan suci Ramadhan 1437 H, serta HUT Bhayangkara ke-70 tahun 2016.

Empat pilar yang dimaksud disini yakni personel yang melibatkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Bintara Pembina Desa (Babinsa), Kepala Desa, dan Tokoh Agama/Tokoh Masyarakat. Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin bertindak sebagai pemimpin apel. Kegiatan juga dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Muspika se-Kabupaten Probolinggo, anggota Bhabinkamtibmas Polres Probolinggo, Babinsa Kodim 0820, perwakilan Kades se-Kabupaten Probolinggo, serta perwakilan Toga/Tomas.



Apel besar empat pilar ini dimaksudkan, bahwa dalam menjaga keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) , polisi tidak bisa bekerja sendiri. Untuk itulah peranan TNI dan masyarakat juga diperlukan agar dapat tercipta situasi yang kondusif. Salah satu upaya menjaga kamtibmas tersebut ialah dengan adanya siskamling. Siskamling dapat berjalan apabila empat pilar bisa bersinergi dengan baik.

Usai apel besar, kegiatan dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti minuman keras dari Satresnarkoba Polres Probolinggo. Diawali dengan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan oleh kapolres, total 1.472 botol miras berbagai merk itu langsung dihancurkan dengan mesin buldozer. Kapolres mengatakan, menjelang bulan suci Ramadhan, pihaknya akan terus menggiatkan razia miras agar peredarannya dapat semakin ditekan. Karena hingga saat ini, diyakini masih banyak para penjual maupun pengguna miras di wilayah Kabupaten Probolinggo.