Selasa, 07 Juni 2016

Razia Mamin, Temukan Makanan Dan Berbagai Produk Kadaluarsa


Probolinggo - Tim gabungan Razia Mamin (Makanan dan Minuman) Kabupaten Probolinggo, Selasa (7/6) pagi tadi melakukan operasi di beberapa tempat pertokoan di wilayah Kraksaan, Probolinggo. Operasi itu dilakukan karena sejumlah pertokoan dinilai belum sepenuhnya melindungi konsumen. Terutama memasuki bulan suci Ramadhan, kebutuhan pangan juga cukup meningkat.

Sasaran operasi Mamin pagi tadi dilakukan di tiga tempat, yakni di Toko Rejeki, Diva Kraksaan, dan Toko Soponyono. Tim gabungan operasi terdiri dari Polres Probolinggo yang dipimpin Wakapolres Probolinggo, Satpol PP, Dinas Kesehatan, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Probolinggo. Dalam razia itu, tim menargetkan barang-barang yang sudah kadaluarsa. Dari hasil pemeriksaan di tiga tempat, petugas menyita beberapa merk makanan, minuman, obat-obatan yang sudah lewat dari tanggal kadaluarsa. Barang kadaluarsa tersebut selanjutnya dilakukan penyitaan oleh petugas dan diamankan di Mapolres Probolinggo. Selain itu, petugas juga memberikan teguran kepada pemilik toko/swalayan agar barang-barang yang diketahui belum kadaluarsa namun tidak tercantum tanggal kadaluarsa dalam kemasannya agar segera diberikan keterangan.

Wakapolres Probolinggo Kompol Sujiono mengatakan, memasuki bulan suci Ramadhan ini, pihaknya meningkatkan kegiatan kepolisian salah satunya menggelar razia Mamin. Dimana, dalam operasi ini berdasarkan UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, UU No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, serta UU No. 18 tahun 2012 tentang Pangan. Selama bulan Ramadhan, tim akan terus melakukan operasi, karena meningkatnya kebutuhan pangan masyarakat juga harus diperhatikan segi keamanannya.