Sabtu, 02 Juli 2016

4 Pelaku Pembuat Mercon Diamankan Sat Sabhara Polres Probolinggo

Probolinggo - Anggota Satuan Sabhara bersama Propam Kepolisian Resor Probolinggo, berhasil menangkap empat pelaku yang diduga sebagai pembuat petasan, Sabtu (2/7) tengah malam lalu.

Keempat pelaku ditangkap di dua tempat kejadian perkara yang berbeda. Yakni di Desa Paras dan di Desa Bulujaran Lor, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo. Mereka adalah SH (45), DB (50), MN (16), dan MH (31), keempatnya merupakan warga Kecamatan Tegalsiwalan.

Bersama keempat pelaku, petugas juga menyita barang bukti diantaranya 1/2 kg bubuk mercon/mesiu, empat ons bubuk mercon, alat pembuat petasan, dua ikat sumbu petasan, empat renteng petasan dengan panjang 3-4 meter, lima kantong petasan yang belum direnteng, dan lima lembar kertas untuk klontong petasan.

Kasat Sabhara Polres Probolinggo AKP Istono mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara, keempat tersangka diduga kuat sebagai pembuat dan penjual mercon. "Saat ini mereka sudah ditahan di Mapolres Probolinggo beserta barang buktinya. Selanjutnya akan dilimpahkan ke Satreskrim untuk proses penyidikannya," paparnya.

AKP Istono juga menambahkan bahwa keberhasilan operasi ini tidak lepas dari peran serta masyarakat yang telah memberikan informasi atau laporan kepada petugas, sehingga dengan adanya laporan tersebut anggota Polres Probolinggo langsung melakukan tindakan.