Rabu, 10 Agustus 2016

Polres Probolinggo Gelar PAP SMEAR Bagi Bhayangkari & Polwan


Probolinggo - Bertempat di ruang eksekutif Mapolres Probolinggo, anggota Biddokkes Polres Probolinggo yang bekerja sama dengan BPJS Kabupaten Probolinggo dan Laboratorium Lanostic Kabupaten Probolinggo, menggelar acara penyuluhan dan pemeriksaan PAP SMEAR kepada anggota Bhayangkari dan Polwan Polres Probolinggo, Rabu (10/8) pagi tadi.

Kegiatan diawali sambutan dari Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin yang dilanjutkan dengan paparan tentang PAP SMEAR. Dihadiri sekitar 75 orang, peserta yang hadir antusias mendengarkan penjelasan dari Dr. Boby Mulyadi, Sp.PK spesialis patologi klinik yang memaparkan tentang deteksi dini kanker serviks serta pengobatannya.

Boby Mulyadi menjelaskan, arti dari Pap Smear adalah screening test untuk wanita yakni mengetahui sel kanker dimulut rahim. Kanker Serviks adalah kanker yang terjadi pada leher rahim atau mulut rahim. Serviks sendiri merupakan daerah sekitar rahim uterus dan vagina. Kanker serviks disebabkan oleh virus yang cerdas, dimana infeksi yang terjadi bisa tidak terdeteksi pada jangka waktu yang lama. Pencegahan kanker serviks yang ideal melalui vaksinasi dan deteksi dini. Pap Smear sebagai deteksi dini merupakan pengambilan sel dari serviks, diperiksa dengan mikroskop untuk mengetahui adanya kelainan pada serviks.

Dengan kegiatan ini, dapat memberikan manfaat bagi ibu-ibu Bhayangkari tentang pentingnya pengecekan rutin terhadap bagian paling berharga bagi ibu-ibu. Selain itu, acara ini juga sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan dan kesehatan para Bhayangkari serta agar dapat mendeteksi lebih awal ada atau tidaknya bibit dari kanker serviks yang merupakan momok terbesar bagi wanita selain kanker payudara.