Jumat, 05 Agustus 2016

Polres Probolinggo Ringkus 8 Tersangka Curanmor & Curwan


Probolinggo - Selama dua pekan terakhir, anggota Kepolisian Resort Probolinggo dan polsek jajaran telah berhasil meringkus 8 tersangka dengan kasus curas (pencurian dengan kekerasan), curwan (pencurian hewan), dan curanmor (pencurian sepeda motor) serta pelaku penadah hasil curian yang meresahkan masyarakat.

Kedelapan tersangka yang saat ini mendekam di sel Mapolres Probolinggo itu, diantaranya 4 pelaku curas dan curanmor yakni Ali (24), warga Kecamatan Tongas; Rohman (22), Sayidina (20), dan Sari (31), ketiganya merupakan warga Kabupaten Lumajang. Sedangkan penadahnya yakni Suto (35) warga Kecamatan Tiris.

Sementara untuk pelaku curwan, Polres Probolinggo berhasil menggelandang Husnul (27), Rudiyanto (23), dan Hanafi (22), ketiganya warga Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Di hadapan awak media, Jumat (5/8) pagi tadi, Polres Probolinggo menggelar press release dimana kedelapan tersangka bersama barang bukti hasil kejahatan para pelaku. Diantaranya beberapa unit sepeda motor, plat nomor, senjata tajam serta peralatan yang digunakan untuk mencuri.

Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin mengatakan, para pelaku merupakan residivis yang sudah menjadi target operasi petugas. Salah satunya kasus curanmor yang berhasil diungkap gabungan Satreskrim dan Polsek Tegalsiwalan tanggal 25 Juli 2016 lalu. Pihaknya berhasil meringkus tiga pelaku yang menurut pengakuannya sudah melakukan aksinya di 9 TKP wilayah Kecamatan Tegalsiwalan.

"Satu dari tiga pelaku terpaksa kami lumpuhkan dengan timah panas karena melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri saat dilakukan penangkapan," ungkap kaporles.

Kapolres juga menambahkan, masih maraknya pelaku kriminalitas khususnya pencurian, warga dihimbau agar selalu waspada dan berhati-hati dalam berkendara maupun saat memarkir kendaraan di tempat umum atau di rumahnya sendiri. Bila perlu diberikan pengamanan ganda pada kendaraannya.