Senin, 15 Agustus 2016

Polsek Banyuanyar Gagalkan Pencurian Sapi

Probolinggo - Polsek Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, Jumat (12/8) sekitar pukul 19.30 Wib, berhasil menggagalkan pencurian hewan (curhewan di Desa Klenang Kidul, Kecamatan Banyuanyar.

Dalam penangkapannya, Polsek Banyuanyar berhasil menyita sebuah mobil sedan Honda Wonder Nopol N 1361 YK, beserta seekor sapi warna merah berhasil diamankan. Sementara pelaku berhasil kabur dalam pengejaran petugas Polsek setempat.

Menurut Kapolsek Banyunayar, AKP Adri Santoso, SH, menjelaskan, sehari sebelum pengungkapan, pada Jumat sekitar pukul 02.00 wib, korban, Sagiran (60) warga Desa Klenang Kidul, Kecamatan Banyuanyar, merasa kehilangan seekor sapi yang berada di dalam kandang.

Kemudian korban mengajak para tetangga untuk mengejar sapi yang dicuri tersebut, dengan cara mengikuti jejak kaki sapi yang digondol maling. Sesampai di sawah tanaman tebu di Desa Sumberpoh, Kecamatan Maron, korban terkejut jejak kaki sapi hilang di sekitar tanaman tebu. Kemudian korban bersama tetangganya lapor ke Polsek Banyuanyar, sementara sebagian tetap nyanggong di sekitar tanaman tebu dengan cara sembunyi-sembunyi.

“Beberapa warga terus nyanggong sehari semalam di sekitar tanaman tebu itu dengan cara bersembunyi, karena takut kelihatan oleh pencurinya,” jelas Adri, mengaku bangga mempunyai rakyat yang tanggap terhadap keamanan di desa.

Alhasil, pada Jumat sekitar pukul 19.00 wib, terlihat sebuah mobil sedan parkir di dekat tanaman tebu tersebut. Para warga yang nyanggong mulai curiga, dan tetap sembunyi sambil mengendap-ngendap mendekati mobil sedan tersebut.

Tak lama kemudian ada seorang pelaku menggeret seekor sapi dari dalam tanaman tebu dan langsung dimasukkan ke dalam mobil sedan dengan cara keempat kakinya diikat. Setelah sapi dimasukkan dalam mobil, tak pelak lagi, korban dan tetangga yang sebelumnya nyanggong langsung teriak maling. Karuan saja, kedua pencuri yang sudah memasukkan sapi ke mobilnya langsung kabur tancap gas meluncur ke arah barat jurusan Tegalsiwalan.

Korbanpun langsung menghubungi petugas Polsek Banyuanyar, kalau ada mobil sedan warna kuning kabur membawa seekor sapi hasil curian. Petugas menerima laporan, langsung dengan mobil patrolinya menghadang mobil sedan warna kuning itu.

Namun sesampai di Desa Liprak wetan, mobil sedan dengan sapi hasil curiannya kabur kearah selatan jurusan Desa Rejing. Petugas melihat mobil sedan kabur ke arah Rejing, langsung dilakukan pengejaran sehingga terjadi kejar-kejaran seperti adegan film action.

Khawatir akan kehilangan jejak, selanjutnya petugas memberikan 3 kali tembakan peringatan, dan pelaku menghentikan mobilnya. Melihat mobil sedan berhenti, petugas turut menghentikan mobilnya dan setelah pelaku akan ditangkap, ternyata kedua pencuri berhasil kabur masuk ke hutan jati dengan meninggalkan hasil curiannya. Dan petugas kehilangan jejak, namun barang bukti berhasil diamankan.

“Petugas sudah mengetahui, pemilik mobil sedan dan pelakunya. Dalam waktu dekat pasti tertangkap,” ungkap Adri, berharap para pelaku lebih baik menyerahkan diri daripada ditangkap petugas.