Kamis, 20 Oktober 2016

Apel Gelar Relawan & Simulasi Penanggulangan Bencana

Probolinggo - Puluhan relawan berkumpul di Lapangan Wisata Pantai Bentar, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, untuk mengikuti apel gelar relawan dan simulasi penanggulangan bencana, Rabu (19/10). Mereka terdiri dari berbagai unsur seperti organisasi kemasyarakatan, umum, SAR, dan organisasi kepemudaan.

Menariknya, yang terlibat dalam event ini tak hanya relawan asal Probolinggo saja, tapi juga Bupati Probolinggo, Polres Probolinggo, Kodim 0820, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo.

Bupati Probolinggo Hj. Puput Tantriana Sari, yang bertindak sebagai pimpinan apel, mengharapkan seluruh instansi terkait dan para relawan bisa terinventarisir jumlahnya. Karena meski tanggung jawab atas terjadinya bencana ada di pundak pemerintah daerah, namun masyarakat juga merupakan garda terdepan yang akan bersinergi dengan pemerintah, disamping kerjasama dengan seluruh stakeholder.

Selain dilaksanakan simulasi penanganan korban banjir, dalam kegiatan itu juga dilaksanakan penyerahan simbolis penghargaan pengelolaan data penanggulangan bencana tingkat nasional kepada BPBD Kabupaten Probolinggo.