Kamis, 06 Oktober 2016

Sat Sabhara Polres Probolinggo Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Probolinggo - Untuk meningkatkan kemampuan agar lebih baik dalam menanggulangi korban bencana alam banjir, tanah longsor dan kebakaran, anggota Sat Sabhara Polres Probolinggo bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, anggota Kodim 0820, PMI, Pramuka dan sukarelawan, menggelar latihan di lapangan tempat wisata Pantai Bentar, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Kamis (6/10) pagi tadi.

Dalam latihan tersebut, seluruh anggota dilatih kemampuannya dalam pengamanan dan penyelamatan orang, barang, tempat atau lokasi akibat dampak dari bencana alam. Karena wilayah Kabupaten Probolinggo sendiri termasuk wilayah yang dikelilingi dengan pegunungan dan dekat dengan pantai. Selain itu, bencana seperti tanah longsor, banjir dan angin Gending, terkadang juga masih terjadi di Kabupaten Probolinggo.

Petugas yang sudah dilatih nantinya diharapkan bisa memahami dan mengaplikasikan Standart Of procedure (SOP) yang telah ditetapkan dalam penanganan bencana alam. Untuk itulah simulasi ini akan dilaksanakan secara berkala guna mengasah kemampuan para petugas dalam menangani bencana alam yang bisa saja datang sewaktu-waktu. Sehingga pada saat bencana terjadi, seluruh petugas dari segala instansi dapat segera merespon dengan cepat.