Selasa, 29 November 2016

Jelang HUT Satpam Ke-36, Polres Probolinggo Gelar Rakor Bersama Instansi Terkait

Probolinggo - Jelang peringatan HUT Satpam ke-36 tahun 2016, Senin (28/11) kemarin, Kepolisian Resort Probolinggo menggelar rapat koordinasi bersama dengan instansi pengguna jasa satpam dan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) penyedia satpam di wilayah hukum Polres Probolinggo.

Kegiatan yang digelar di ruang eksekutif Mapolres Probolinggo itu, dipimpin langsung oleh Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin, yang didampingi oleh Kasat Binmas AKP Hendrix K. Wardhana.

Rakor tersebut dilaksanakan dalam rangka pembentukan panitia dalam persiapan HUT Satpam. Tak hanya itu, Kapolres juga menjelaskan bahwa satpam merupakan satuan pengamanan yang dibentuak suatu instansi untuk melakukan keamanan fisik dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya. Satpam sebagai satuan pengamanan swasta berada dibawah pembinaan pihak kepolisian.

Sejarah terbentuknya satpam di Indonesia bermula saat Kapolri (ketika itu dijabat Jenderal Polisi (Purn) Prof. DR. Awaloedin Djamin ) mengeluarkan Surat Keputusan Kapolri;No. SKEP/126/XII/1980 tertanggal 30 Desember 1980 Tentang Pola Pembinaan Satuan Pengamanan.