Rabu, 02 November 2016

Polres Probolinggo Kembali Amankan Puluhan Ribu Pil Dextro & Trex

Probolinggo - Dalam rangka Operasi Bina Kusuma 2016 jajaran satuan Kepolisian Resor Probolinggo terus menggiatkan pemberantasan peredaran narkotika. Rabu (2/11) dini hari tadi, anggota Satintelkam Polres Probolinggo bersama Polsek Dringu berhasil mengamankan puluhan ribu pil dextro dan pil trex.

MN (30), ditangkap di rumahnya di Desa Sumbersuko, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, oleh polisi. Saat penggeledahan, petugas menemukan barang bukti diantaranya, 4.000 butir pil Dextro logo DMP, 2.425 kaplet pil Trex masing-masing berisi 10 butir, satu pak pil Trex sebanyak 1.310 butir, satu telepon selular, satu kantong kecil plastik berisi 1.400 biji, satu bendel kantong plastik hitam, satu dos kosong warna cokelat, dan uang sejumlah Rp 85 ribu.

Dari pengakuan tersangka, pil-pil tersebut dikirim kepada tersangka melalui jasa paket bus dari Jember. Saat itu, MN menerima paket di depan minimarket wilayah Desa Jorongan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Pil-pil tersebut nantinya akan diedarkan kembali oleh tersangka.

Penangkapan itu sendiri, bermula dari kasus penemuan mayat seorang pelajar yang tenggelam di wilayah Kecamatan Dringu karena menenggak minuman keras dan pil terlarang. Dari pengakuan teman-teman korban itulah, petugas kemudian melakukan pengembangan lebih lanjut dan berhasil menangkap MN.

Tersangka akan dijerat dengan pasal 197 sub pasal 196 Undang-undang RI Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatann dengan ancaman hukuman paling lama 10 tahun penjara dan denda maksimal Rp 1 milyar. Pihak kepolisian sendiri hingga saat ini juga masih melakukan pengembangan terhadap peredaran pil terlarang ini.