Kamis, 22 Desember 2016

Kapolres Probolinggo Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2016

Probolinggo - Apel gelar pasukan Operasi Lilin dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017 digelar di halaman apel Markas Kepolisian Resort Probolinggo, Kamis (22/12) pagi tadi. Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin selaku Inspektur Upacara.

Selain dari seluruh anggota Polres Probolinggo, turut hadir dalam apel tersebut yakni Polisi Militer, TNI, Dinas Perhubungan, Satuang Polisi Pamong Praja, dan Pramuka Saka Bhayangkara. Operasi Lilin ini akan digelar mulai tanggal 23 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017. Bahkan mungkin pula operasi diperpanjang hingga 2 Januari 2017, melihat situasi dan kondisi di lapangan.

Kapolres Probolinggo yang membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, ada sejumlah target utama pengamanan dalam Operasi Lilin 2016 kali ini.

"Sejumlah kerawanan aksi gangguan kamtibmas dalam bentuk aksi terorisme, konflik berbau keagamaan, dan ideologi harus diwaspadai. Kejahatan konvensional lainnya seperti pencurian rumah kosong yang ditinggalkan, perampokan, dan lain-lain," paparnya.

Selain itu, migrasi massa karena akan melakukan liburan juga menjadi perhatian. Begitu juga dengan keamanan serta kelancaran lalu lintas, baik di darat, udara, dan laut selama libur Natal dan Tahun Baru 2017.

Tak hanya itu, dipastikan juga ketersediaan bahan pangan aman selama enam bulan ke depan usai berkomunikasi dengan stakeholder terkait, seperti Kementerian Perdagangan hingga Bulog. Hal itu tak akan mengganggu libur Natal dan Tahun Baru 2017.