Senin, 19 Desember 2016

Kasat Binmas Hadiri Ritual Petik Laut Di Paiton

Probolinggo - Setiap tahunnya para nelayan yang tergabung di dalam Paguyuban Nelayan selalu mengadakan kegiatan ritual yang telah ditetapkan menjadi event tahunan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo yaitu kegiatan Petik Laut. Kegiatan ini melambangkan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME atas rahmat dan karunia-Nya kepada seluruh umat.

Tradisi petik laut sekaligus tradisi karnaval perahu hias ala nelayan ini digelar Senin (19/12) pagi tadi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Dalam acara tersebut, dihadiri oleh Kasat Binmas Polres Probolinggo, Kanit Binmas Polsek Paiton, Kapospom AL, Kadis Perikanan, Camat Paiton, Kasatpol PP, Kepala TPI, Kades se-Kecamatan Paiton, Toga dan Tomas Paiton, Tokoh Pemuda Paguyuban Pelabuhan Sumberanyar, serta para nelayan dari Probolinggo, Bondowoso dam Banyuwangi.

Kegiatan diawali dengan sambutan Kasat Binmas AKP Hendrix K. Wardhana, terkait acara petik laut tersebut agar warga yang hadir dapat mengikuti kegiatan dengan tertib. Selain itu, Kasat Binmas juga menjadi salah satu juri dalam perlombaan hias perahu. Dengan pemotongan pita balon oleh Kepala Dinas Perikanan, acara pun disambut meriah oleh seluruh warga yang hadir.

Dalam tradisi itu, puluhan perahu beriring-iringan menuju tengah laut sekitar 5 mil dari bibir pantai dan perahu itu mengantar miniatur kapal yang berisi sesajen hasil bumi, ayam, boneka, ikan laut serta bermacam-macam jenis bunga dan kepala sapi yang akan ditenggelamkan ke tengah laut. Tradisi ini dinamakan larung sesaji. Tujuannya untuk mensyukuri nikmat rezeki para nelayan selama setahun yang lalu serta memohon berkah, keselamatan dan hasil yang bermanfaat pada masa yang akan datang.