Kamis, 01 Desember 2016

Masyarakat Probolinggo Ikuti Apel Nusantara Bersatu

Probolinggo - Apel nasional Nusantara Bersatu digelar serentak di seluruh Indonesia. Di Probolinggo, aksi digelar di kawasan alun-alun Kota Probolinggo. Apel yang digelar Rabu (30/11) mulai pukul 07.30 WIb kemarin itu, terlihat memadati alun-alun.

Selain diikuti dari Polri, TNI, dan Pemerintahan Daerah, acara yang bertujuan untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa ini juga dihadiri dari tokoh agama, pelajar, mahasiswa, para pemuda, budayawan, organisasi kemasyarakatan dan komponen lainnya. Dengan lambang merah putih yang dikenakan oleh seluruh peserta, kegiatan pun terlihat sangat meriah seperti sedang memperingati HUT Kemerdakaan RI. Turut hadir juga Ibu Kapolda Jatim Ny. Siswi Budhi Anton Setiadji.

Apel akbar ini merupakan gerakan persatuan yang digagas oleh orang nomor satu di dunia militer, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan mendapat dukungan dari pucuk pimpinan Korps Bhayangkara, Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Seremoni besar-besaran ini digelar untuk menunjukkan persatuan dan kekuatan negara dari ancaman yang berpotensi memecah belah keutuhan bangsa. Apel pun digelar berselang dua hari sebelum rencana aksi demonstrasi 2 Desember.

Apel besar ini mengusung tema "Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama, Bhineka Tuinggal Ika". Acara diisi dengan pidato yang disampaikan dari pejabat masing-masing instansi yang berisi tentang semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan lantunan-lantunan lagu-lag kebangsaan Indonesia.

Ajakan Panglima TNI itu, ditujukan sebagai ajang menunjukkan persatuan dan kekuatan bangsa di tengah menghangatnya situasi politik yang diwarnai ragam aksi, termasuk di antaranya rencana demonstrasi lanjutan besar-besaran pada 2 Desember mendatang.