Kamis, 29 Desember 2016

Minta Bengkel Tak Layani Ganti Knalpot Brong. Kenapa Seperti itu? Ini Alasannya

SOSIALISASI : Pemasangan banner pemberitahuan
larangan knalpot brong
PROBOLINGGO  - Untuk mengantisipasi tindakan masyarakat memodivikasi kendaraan bermotor roda dua, yang akan digunakan konvoi di saat pergantian Malam Tahun Baru 2017 mendatang, aparat Polres Probolinggo mendatangi sejumlah bengkel motor di wilayah Probolinggo. 

Sejumlah aparat yang dipecah ke beberapa bengkel itu, untuk memberikan pengarahan dan imbauan kepada pemilik bengkel agar tidak melayani permintaan masyarkat, yang ingin memodifikasi motor, terutama mengganti knalpot standar dengan kenalpot brong.

Sebab tindakan itu dinilai melanggar aturan dan tidak sesuai dengan keamaan berkendara, sehingga sebelum ada warga yang minta memodivikasi dan mengganti knalpotnya, pemilik bengkel bisa menolak, lantara sudah mendapat peringatan dari aparat.

Kasatlantas Polres Probolinggo AKP Tri Nuartiko mengatakan, selama ini setiap pergantian malam tahun baru, sebagian masyarakat melakukan konvoi kendaraan bermotor.

Di antara mereka yang konvoi itu, sepeda motornya dimodivikasi. Apakah rodanya diganti dengan roda yang tidak standar. Juga knalpotnya diganti dengan knalpot brong, termasuk mengganti klakson yang tidak standar.

Sehingga untuk mencegah tindakan itu, pihaknya memberikan himbauan kepada semua bengkel sepeda motor, yang terletak di Kota Kraksaan dan sekitarnya.
Menurut AKP Tri, ketika petugas mendatangi sejumlah bengkel sepeda motor, pemiliknya kaget dan mengira petugas hendak merazia bengkel.

SOSIALISASI : Personel Polres Probolinggo saat memberikan sosialisasi di bengkel sepeda motor
Namun selah petugas memberikan penjelasan, pemilik bengkel mengerti dan mendukung langkah polres untuk tidak melayani permintaan masyarakat yang ingin merubah ataupun mengganti bagian dari sepeda motor yang tidak standar.

Kasatlantas Polres Probolinggo mengaku mengerti jika bengkel menolak untuk menuruti permintaan warga yang ingin mengganti knalpot standar dengan knalpot brong, akan mengurangi pendapatan bengkel, namun karena ini untuk mencegah tindakan yang merugikan pihak lain, maka pemilik bengkel paham.

“Walau kami sudah menghimbau pemilik bengkel tidak melayani modifikasi terhadap kendaraan bermotor, kami akan tetap memantau langsung nanti di malam tahun baru. Jika kami menjumpai kendaraan bermotor yang melanggar aturan, termasuk menggunakan knalpot brong, kami akan tindak tegas,” tandasnya.