Sabtu, 24 Desember 2016

Operasi Lilin 2016, Polres Probolinggo Bangun Empat Pos

Probolinggo - Polres Probolinggo membangun empat pos di Jalur Pantura untuk Natal dan Tahun Baru. Selain memberikan pelayanan, pos tersebut juga untuk membantu mengamankan jalur pantura utamanya saat libur natal dan tahun baru.
Masing-masing pos yang dibangun tersebut yakni berada di wisata Pantai Bentar Kecamatan Gading. Kecamatan Paiton, Kecamatan Kraksaan dan Kecamatan Leces. “Empat tempat itu diantaranya pos pelayanan dan pos pam,” jelas Kapolres Probolinggo, AKBP Arman Asmara Syarifudin kemarin.

Sesuai dengan perintah dari kapolri, ada beberapa point yang harus diantisipasi pada libur natal dan tahun baru ini. Seperti kerawanan aksi gangguan kamtibmas dalam bentuk aksi terorisme, konflik berbau keagamaan, dan ideologi harus diwaspadai. “Kejahatan konvensional lainnya seperti pencurian rumah kosong yang ditinggalkan, perampokan, dan lain-lain,” jelasnya.
PENGAMANAN : Pos Pengamanan di Kraksaan dalam operasi lilin tahun 2016
Selain itu, migrasi massa karena akan melakukan liburan juga menjadi perhatian. Begitu juga dengan keamanan serta kelancaran lalu lintas, baik di darat, udara, dan laut selama libur Natal dan Tahun Baru 2017.
Untuk memperlancar operasi tersebut, sedikitnya ada 162 personel
  yang diterjunkan di beberapa lokasi. “Kurang lebih ada 162 personel yang kami libatkan untuk memberikan kelancaran dan keamanan kepada masyarakat,” terangnya.
Bahkan, untuk mengetahui kesiapan personel tersebut, Polres Probolinggo menggelar pasukan Operasi Lilin.

Selain dari seluruh anggota Polres Probolinggo, turut hadir dalam apel tersebut yakni Polisi Militer, TNI, Dinas Perhubungan, Satuang Polisi Pamong Praja, dan Pramuka Saka Bhayangkara. Operasi Lilin ini akan digelar mulai tanggal 23 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017. Bahkan mungkin pula operasi diperpanjang hingga 2 Januari 2017, melihat situasi.