Senin, 19 Desember 2016

Rakor Operasi Lilin Semeru 2016 Polres Probolinggo

Probolinggo - Operasi Lilin akan dimulai sebelum Natal hingga awal tahun 2017. Sebanyak 200 personil Polres Probolinggo akan disiagakan. Bertempat di ruang eksekutif Mapolres Probolinggo, Senin (19/12) pukul 09.00 Wib digelar rapat koordinasi Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Semeru 2016.

Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin, yang didampingi Dandim 0820 yang diwakili leh Kapten Yopi Nugroho dan Perwakilan dari Pemkab Probolinggo Muhammad Happy, memimpin jalannya rakor. Selain itu, rakor diikuti juga oleh para perwira dan Kapolsek jajaran Polres Probolinggo, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, PMI, Senkom, Orari, Pramuka, Pemadam Kebakaran, dan instansi terkait lainnya.

Kabagops Polres Probolinggo Kompol Budi Sulistyanto, dalam sambutannya memaparkan situasi di Bontang, lokasi rawan kecelakaan lalu lintas, serta kemacetan di setiap kecamatan. Selain itu, data lakalantas saat Operasi Lilin tahun lalu, serta data tindak kriminal pun ditunjukkan untuk meningkatkan kewaspadaan. Sasaran operasi adalah mengamankan warga masyarakat yang merayakan Natal dan tahun baru, Gereja, pusat perbelanjaan, pemukiman penduduk, jalur utama, terminal bus, tempat rekreasi dan tempat perayaan lainnya.

Operasi ini bersifat terbuka dengan mengedepankan giat preemtif, preventif, Gakkum didukung deteksi dini / lidik yang dibantu instansi terkait lainnya dan mitra kamtibmas lainnya dalam rangka memelihara keamanan guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif khususnya dalam rangka perayaan natal 2016 dan tahun baru 2017 baik di Gereja dan tempat lain yang digunakan untuk ibadah serta tempat wisata / rekreasi, dan tempat-tempat vital lainnya.

Sementara itu, 300 personil yang disiagakan akan melakukan pengamanan selama 10 hari, terhitung mulai 23 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017.  Tanggal 2 hingga 4 Januari merupakan tahap konsolidasi. Selain itu, diharapkan juga bantuan personil dari para tokoh agama, ormas ataupun tokoh masyarakat untuk menambah kekuatan.