Rabu, 28 Desember 2016

Siagakan Puluhan Personel di Gunung Bromo


SUKAPURA-Pihak Polres Probolinggo telah menyiagakan puluhan personilnya di area Gunung Bromo. Selain menjaga keamanan di kawasan tersebut, personel yang disiagakan juga untuk mengawal arus lalu lintas menuju wisata
KOORDINASI : Sejumlah pejabat sedang melaksanakan koordinasi dan tinjauan lapangan kemarin
Gunung Bromo saat pergantian tahun baru akhir pekan ini.

Kapolsek Sukapura, AKP Noer Choiri mengatakan puluhan personilnya itu disiagakan untuk menjaga keamanan para wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo.
 “Para personil kami siagakan di pintu masuk menuju lautan pasir. Kemudian sejumlah titik yang menjadi titik kemacetan menuju ke Gunung Bromo. Ini kami lakukan untuk menjaga keamanan, ,” terangnya (28/12).
Selain pengamanan lalu lintas, Kapolsek Sukapura AKP Noer Choiri mengatakan rekayasa lalu lintas jelang libur tahun baru 2017 tersebut tidak ada yang berbeda dengan tahun tahun sebelumnya.
 Hanya saja, pihaknya kali ini menekan kepada kendaraan baik milik warga maupun milik tamu hotel dan homestay tidak parkir di bahu jalan. Hal itu dilakukan untuk menghindari kemacetan parah di tempat wisata tersebut. “Kalau mau rekayasa, bagaimana ngaturnya ya mas, kan jalan yang di lalui itu-itu saja. Cuman kami menekankan agar tidak memarkirkan kendaraan khususnya di Desa Ngadisari,” jelasnya.
Larangan tersebut bukannya tanpa alasan, pasalnya saat tahun baru tersebut diperkirakan masyarakat dari dalam maupun luar Probolinggo akan merayakan tahun baru di Gunung Bromo. “Pasti banyak yang kesini mas, nah kalau misal diparkir di bahu jalan, kemudian ukuran jalannya seperti itu, pasti akan macet, ini yang kami coba hindari, agar yang datang kesini merasa nyaman,” ucapnya.
Sementara itu, Kasi Wilayah 1 Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarmin mengatakan larangan parkir tersebut juga termasuk dari rekayasa lalu lintas menuju Gunung Bromo. Hal itu dilakukan karena kunjungan wisatawan berada di kisaran seribu lebih pengunjung. “Kami persiapkan betul agar tidak ada ceritanya kemacetan lagi mas, makanya kami koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengatasi ini, baik polsek, koramil maupun pemerintah daerah,” tandasnya.