Kamis, 05 Januari 2017

Disiplinkan Pejalan Kaki, Satlantas Polres Probolinggo Sosialisasikan Tentang Zebra Cross

PROBOLINGGO - Zebra cross adalah tempat penyeberangan di jalan yang diperuntukkan bagi pejalan kaki yang akan menyeberang jalan, dinyatakan dengan marka jalan berbentuk garis membujur berwarna putih dan hitam yang tebal garisnya 300 mm dan dengan celah yang sama dan panjang sekurang-kurangnya 2500 mm. Menjelang zebra cross masih ditambah lagi dengan larangan parkir agar pejalan kaki yang akan menyeberang dapat terlihat oleh pengemudi kendaraan di jalan. Pejalan kaki yang berjalan di atas zebra cross mendapatkan perioritas terlebih dahulu.

Kondisi masyarakat yang saat ini masih tidak tertib dengan aturan menyeberang inilah yang menjadi salah satu perhatian Satuan Lalu Lintas Polres Probolinggo. Karena masih banyak kita jumpai masyarakat menyeberang tidak pada tempat yang sudah disediakan.

Anggota unit Dikyasa Satlantas Polres Probolinggo, Kamis (5/1) pagi tadi memberikan sosialisasi kepada masyarakat di depan SD Kedung Dalem, Dringu, yang dipimpin oleh Iptu Agus R. Wijaya dan Ipda Agus Supryanto.

Selain itu, petugas juga memasang banner yang bertuliskan "Budayakan Menyeberang Aman di Zebra Cross". Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dapat membaca dan mengerti pentingnya menyeberang jalan yang benar demi keselamatan diri. Hal itu juga disampaikan kepada siswa sekolah dasar dalam rangka membangun kesadaran sejak dini.