Rabu, 18 Januari 2017

Gelar Apel Besar, Polres Probolinggo Ajak Pelajar Tekan Kecalakaan



PROBOLINGGO - Polres Probolinggo mempunyai cara sendiri untuk menekan kecelakaan di kalangan pelajar. Salah satunya yakni polres mengajak ratusan pelajar untuk menjadi pelopor keselamatan. Hal itu terungkap saat apel besar pelajar SMP/MTs dalam dekade aksi keselamatan di jalan tahun 2011 hingga ke 2020.

Dalam apel tersebut tidak hanya jajaran pejabat Polres Probolinggo, tapi juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Dewi Korina, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, Kepala Sekolah SMP dan MTs dan pendamping serta peserta apel besar pelajar SMP/MTs dalam dekade aksi keselamatan di jalan tahun 2011 hingga ke 2020.

Pada apel tersebut, ratusan siswa tersebut langsung membacakan ikrar untuk patuh kepada setiap aturan dimanapun, baik di sekolah maupun di jalan. Ikrar ini dibacakan oleh salah satu siswa dari SMPN 1 Gending.

Dalam isinya dari ikrar atau janji siswa itu yakni mereka berjanji akan patuh dan taat peraturan agama dan bangsa, sekolah, dan aturan lalu lintas serta menjadi pelopor untuk keselamatan berlalu lintas.

Dalam sambutannya, Kapolres Probolinggo, AKBP Arman Asmara Syarifudin mengatakan kemajuan teknologi bisa membuat pergi kemanapun, termasuk jenis tranportasi baik tranportasi umum maupun pribadi. Namun dengan kemudahan tersebut ternyata kendaraan yang turun di jalan tidak diimbangi dengan kesadaran lalu lintas. “Padahal tata tertib sengaja dibuat untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

Menurut pria asal Makassar ini, berbagai kasus kecelakaan, seperti kecelakaan beruntun bsalah satunya karena mereka meremehkan soal aturan lalu lintas. “Selain itu, banyak pelajar juga yang belum cukup umur mengendarai kendaraan dan tidak mempunyai SIM. Makanya dengan ini apel besar dan ikrar siswa ini bentuk dari pencegahan terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan lalu lintas,” tandasnya.

Selanjutnya, Kepala Dispendik Dewi Korina dan Kepala Kantor Kementerian Agama Santoso menandatangani Mou dengan Polres yang bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan di tingkat pelajar. Dilanjutkan piagam penghargaan kepada MTs Zainul Hasan Genggong dalam tertib lalu lintas.  (humas/rob)