Jumat, 27 Januari 2017

Hidupkan Kembali Budaya Gotong Royong, Kapolsek Krejengan & Camat Adakan Jum'at Bersih

PROBOLINGGO -  Kapolsek Krejengan AKP Supariyono bersama Camat Krejengan Rachmad Hidayanto dan kepala desa setempat, lakukan Jum’at bersih di Desa Rawan Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan Jumat bersih ini merupakan program utama Kecamatan Krejengan, sebagai wujud program gagasan Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari untuk menjaga lingkungan sehat utamanya tempat beribadah. “Ini program utama kami. Setiap hari Jumat kami turun lakukan bersih-bersih lingkungan bersama dengan kepala desa lainnya untuk menghidupkan kembali Gotong Royong,” kata Camat Krejengan Rachmad Hidayanto.

Kegiatan bersih-bersih tersebut ramai karena melibatkan warga ikut berpartisipasi. Warga yang melihat kegiatan itu pun antusias turun membersihkan lingkungan sekitarnya, utamanya di kawasan Masjid Jami’ Baitul Makmur Desa Rawan. “Saya sangat salut dan merasa terhormat atas kesadaran dan partisipasi warga ikut dalam aksi peduli lingkungan ini yang dilakukan,” katanya.

Ditambahkan oleh Rahmad, kegiatan ini memang rutin dilakukan setiap Jumat pagi secara bergilir di setiap desa. Hal itu, di buktikan  demi menjaga kebersihan lingkungan dan terhindar dari macam-macam wabah penyakit, apa lagi Bupati Probolinggo sering mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan. “sekarang inikan masuk musim hujan, ya harus membersihakan tempat untuk mencegah beredarnya nyamuk Aides Aigepti atau Demam Berdarah,” paparnya.

Kepala Desa Rawan Kecamatan Krejengan Mustofa mengaku, selama ini desanya sudah di tanamkan Lingkungan Bersih. Sebab, hal itu juga masuk sebagian dari iman dalam menjaga lingkungan. “Bersih sebagian dari iman ya, makanya kita harus terapkan dilingkungan Desa Rawan ini,” katanya.

Menurutnya kebersihan lingkungan kuncinya ada pada masyarakat itu sendiri. Meski dilakukan sosialisasi atau apapun bentuknya jika tidak ada kesadaran masyarakat hasilnya juga tidak efektif.

Olehnya itu, agar kebersihan lingkungan tetap terjaga Kades Rawan ini, melakukan pendekatan persuasif kepada warga. “Salah satu upayanya yakni melibatkan masyarakat melalui kegiatan sosial,”pungkasnya.

Sesudah melakukan Jum’at bersih, peralatan yang di gunakan tersebut kemudian di serahkan pada penguru Remaja Masjid Baitul Makmur untuk di manfaatkan.