Kamis, 26 Januari 2017

Lewat Silaturahmi Politik, Kapolres Tekankan Pentingnya Kamtibmas Jelang Pilkada 2018

PROBOLINGGO - Menghadapi pesta demokrasi pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serentak tahun 2018 mendatang, Kepolisian Resort Probolinggo menekankan pentingnya menciptakan suasana kondusif.

Hal ini diungkapkan, Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin dalam acara Silaturahmi Partai Politik yang digelar di ruang eksekutif Mapolres Probolinggo, Kamis (26/1) pagi tadi, dalam rangka cipta kondisi kamtibmas menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Kepala Badan Kesbangpol Pemkab Probolinggo, Ketua Partai Politik se-Kabupaten Probolinggo, serta pejabat utama Polres Probolinggo.

Dalam sambutannya, kapolres mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa langkah untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukumnya terutama dalam menghadapi pemilu nanti.

Selain itu, demi mewujudkan kerahasian dalam penyaluran logistik ataupun alat peraga kampanye lainnya hingga pada hari pemungutan suara, pihaknya akan semaksimal mungkin menggalakkan Bhabinkamtibmas disetiap desa.

"Kita juga akan lakukan patroli dan menjaga obyek-obyek vital, dan tentu kita akan bekerjasama dengan Panwas ataupun Gakmundu dan penyelenggara pemilu lainnya sehingga sesuai dengan apa yang kita harapkan," jelasnya.

Dengan kegiatan ini diharapkan bisa menciptakan proses demokrasi yang jujur dan adil, dan tentu hal tersebut bisa terwujud jika semua elemen bersatu padu menjaga Kamtibmas.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, M Zubaidi menjelaskan, Pilkada serentak pada 2018 mendatang membutuhkan partisipasi dari semua lapisan masyarakat, baik Parpol, Kepolisian, Kejaksaan, dan Stakeholder dalam rangka mensukseskan Pilkada yang aman dan tertib.

"Salah satu langkah yang kami akan lakukan diantaranya menyampaikan semua yang berkaitan dengan Peraturan KPU kepada semua lapisan masyarakat agar kita bisa sama-sama mengawal jalannya Pilkada," tutur Alimudin.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi kepada semua pihak seperti Parpol maupun Pasangan Calon (Paslon) serta tim sukses dan masyarakat untuk saling mengawasi.

"Komunikasi itu penting, untuk meminimalisir angka pelanggaran pada pemilu nanti, karena tolak ukur berhasilnya penyelenggaraan pemilu dapat dilihat pada minimnya pelanggaran dan masalah, dan saya yakin jika kita bahu membahu, maka pemilu yang kita harapkan dapat terwujud," pungkasnya.

Acara Silaturahmi Politik yang diselenggaranakan Polres Probolinggo ini juga diisi dengan diskusi tentang menjaga stabilitas Kamtibmas pada pemilukada serentak tahun 2018 dan diakhiri dengan ramah tamah.