Jumat, 27 Januari 2017

Longsor di Kecamatan Sumber Lumpuhkan Jalur Transportasi

PROBOLINGGO - Bencana tanah longsor kembali terjadi di Desa Sumberanom Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo, Kamis (26/1). Kejadian tanah longsor ini terjadi sudah dua kali dalam sepekan terahir. Meski tidak ada korban jiwa, namun akses transportasi jalur tersebut lumpuh.

Kapolsek Sumber Iptu Sudarsono mengatakan, longsor ini terjadi karena kondisi di desanya banyak orang perbukitan dan tebing. Apalagi malam harinya, kawasan tersebut diguyur hujan lebat. “Ini kejadian dua kali dalam seminggu,” ungkapnya.

Ia mengakui, kawasan jalur ke Desa Wonokerso tersebut merupakan akses dua kecamatan, yakni Kecamatan Sumber dan Kecamatan Sukapura ini sangat rawan sekali longsor.

“Hampir setiap tahun seperti ini, tahun lalu sebulan bisa tiga kali longsor, dan semuanya kami bersihkan secara gotong royong antar warga,” tambahnya.

Di Desa Sumberanom sendiri ada tiga titik longsor yang sampai saat ini belum bisa dievakuasi. Diharapan segera mendapatkan bentuan tenaga dari dinas terkait untuk membantu evakuasi material longsor tersebut.

Parahnya lagi, material longsor yang menutup separoh jalan ini baru bisa dilakukan evakuasi pada minggu akhir pekan ini. Salah satu alasannya karena akses jalan masih bisa dilewati, kemudian warga saat ini masih sibuk bekerja.

Kepala Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono mengatakan, pihaknya telah menurunkan petugas untuk melakukan pengecekan lokasi. Terutama di lokasi yang tertimbun longsoran tanah.

Hanya saja, petugas dari BPBD belum bisa membersihkan materi longsoran karena disaat bersamaan ada bencana pohon tumbang dan angin putting beliung.

“Tim kami akan segera turun,” jelasnya.