Rabu, 11 Januari 2017

Puluhan Pelajar Terjaring Razia Satlantas Polres Probolinggo

PROBOLINGGO - Jajaran Satlantas Polres Probolinggo, menggelar razia kendaraan bermotor di sepanjang Jalan Dr. Saleh Simpang 4 Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Rabu (11/1). Razia tersebut menargetkan para pelajar yang mengendarai motor maupun mobil yang melintas di jalan tersebut.

Hasilnya, 34 motor pelajar yang didominasi pelajar SMP terjaring razia. Kegiatan ini menindaklanjuti perintah Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Machfud Arifin, yang gerah melihat para pelajar mengendarai kendaraan bermotor. Padahal usia mereka belum memenuhi syarat memiliki SIM.

"Pelanggarannya macam-macam, ada yang tidak pakai helm, tidak punya SIM, ada juga yang gak bawa STNK," tutur Kanit Turjawali Satlantas Polres Probolinggo, Ipda Nyoman Harayasa.

Menurut Ipda Nyoman, para pelajar yang melanggar, sepeda motornya akan dijadikan barang bukti di persidangan. Hal tersebut dimaksudkan agar orang tua lebih memperhatikan keselamatan anak-anaknya.

"Orang tua pelajar juga diminta untuk membuat surat pernyataan agar tidak memperbolehkan anak-anaknya mengendarai motor lagi," pungkasnya.

Menurutnya, meskipun kendaraan yang dipakai pelajar merupakan milik dari orang tuanya, namun proses hukum tetap berjalan lantaran pengambilan kendaraan tersebut dilakukan sesuai prosedur pengambilan barang bukti.