Rabu, 04 Januari 2017

Tamansari Gelar Petik Laut

Wabup Timbul Prihanjoko dan Forkopimka Dringu

PROBOLINGGO - 
Ada banyak cara untuk mengucap syukur atas limpahnya rizki pada Tuhan yang maha esa, salah satunya yakni larung saji ke laut atau istilah petik laut. Kegiatan ini digelar di Dusun Parsean Desa Tamansari Kecamatan Dringu, Rabu (4/1).

Dalam kegiatan petik laut tersebut, hadir langsung Wabup Probolinggo Drs. H. Ahmad Timbul Prihanjoko yang didampingi Forpimka Dringu, termasuk Kapolsek Dringu Suparmin serta Kepala desa Tamansari Misnawi.


Dalam kesempatan tersebut, Wabup Probolinggo Drs. H. Ahmad Timbul Prihanjoko menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa mengucapkan syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT dan berharap dengan momentum selamatan desa diharapkan untuk desa tamansari dapat lebih maju dan sejahtera. “Harapan kami semoga kedepan masyarakat desa lebih makmur, aman dan sejahtera,” kata Wabup Timbul.


Selain mengingatkan kepada masyarakat untuk tak lupa bersyukur, dengan kegiatan petik laut merupakan suatu bentuk tradisi yang menunjukkan ciri khas budaya dari masyarakat yang ada di Kabupaten Probolinggo khususnya masyarakat Desa Tamansari dimana hal tersebut harus terus dilestarikan. “Ini tradisi yang perlu dipertahankan, dan menjadi ciri khas dari masyarakat desa tamansari,” katanya.


Setelah acara pembukaan tersebut selesai dilanjutkan dengan pelepasan larung sesaji ke laut dan selama pelaksanaan pembukaan rangkaian petik laut di desa Tamansari berjalan dengan aman dan lancar. “Alhamdulillah tidak ada masalah dan berjalan lancar,” jelas Kapolsek Dringu AKP Suparmin.