Selasa, 28 Februari 2017

Kapolri Pimpin Apel Pemberangkatan Napak Tilas Mahasiswa PTIK Di Jember

PROBOLINGGO - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D memimpin Apel Pemberangkatan Napak Tilas Mahasiswa PTIK Angkatan 74 Tahun 2017, di Lapangan Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember, Senin (27/2/2017) pagi lalu.

Apel ini melibatkan 127 mahasiswa STIK - PTIK Angkatan 74, satu kompi Pusdik Brimob dan satu kompi Brimob Malang. Apel yang dimulai tepat pada Pukul 08.00 WIB juga dihadiri sejumlah Perwira Tinggi Polri, Pejabat Utama Polda Jatim, serta Kapolres jajaran Polda Jatim.

Dalam arahannya Kapolri menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk memacu semangat kejuangan dan nilai-nilai jiwa patriotisme di dalam menumbuhkan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI dan Institusi Polri.

"Di dalam menghadapi tantangan dalam tugas kepolisian, maka dibutuhkan komitmen soliditas internal yang mesti terus dibina dengan semangat jiwa patriotisme dan pengabdian kepada masyarakat. Dan senantiasa memupuk diri dengan ilmu pengetahuan," tutur Kapolri.

Dalam kegiatan itu, Kapolri mengajak mahasiswa Pendidikan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) memahami fungsi Brigade Mobil (Brimob). Fungsi Brimob dinilai sangat penting karena Indonesia memiliki medan gunung, laut dan hutan.

"Acara ini juga bertujuan agar nantinya mereka memiliki rasa cinta tanah air, berbakti pada masyarakat, sekaligus memahami teknik tak tik Brimob," jelasnya.

Sehingga ketika menjadi pemimpin nanti, lanjut Tito, mereka sudah bisa mengendalikan Brimob dengan segala kemampuannya. Kenapa lokasi napak tilas dilakukan di Jember, menurut Tito karena Jember merupakan tempat perjuangan Brimob.

Usai memimpin apel, Kapolri menyerahkan secara simbolis bingkisan kepada tiga Yayasan dan Perwakilan Anak Yatim Piatu. Dan dilanjutkan dengan menyaksikan penampilan soliditas TNI - POLRI semangat Yel - Yel Promoter dimana melibatkan sediktnya 30 personil gabungan Yon Armed & Sat Sabhara Polres Jember.