Jumat, 03 Februari 2017

Modus Gandakan Uang, Dibekuk Polsek Tegalsiwalan

PROBOLINGGO - Anggota Satreskrim Polsek Tegalsiwalan menangkap SD (43), warga Desa Banjarsawah, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, yang diduga pelaku penipuan dengan modus penggandaan uang.

Dalam modusnya pelaku membujuk korban Muzamil (54), warga Desa Pandean, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Kapolsek Tegalsiwalan AKP Jamal membenarkan anggotanya menangkap seorang pelaku penipuan dengan modus mampu menggandakan uang.

"Dalam kasus ini, tersangka mengenal pelaku dari temannya dan mengaku kepada korban bisa menggandakan uang," jelasnya.

Ia menambahkan, korban termakan bujukan pelaku dimana pada bulan Juni 2015, korban menyerahkan uang sejumlah Rp 50 juta secara bertahap kepada pelaku. Kemudian pelaku menjanjikan kepada korban untuk menunggu waktu yang telah ditentukan.

Tak hanya itu, korban pun juga harus melaksanakan ritual terntetu sebagai syarat agar uang tersebut dapat digandakan menjadi Rp 15 miliyar. Tanpa berpikir panjang, korban yang sudah termakan omongan pelaku pun menyetujuinya.

Selama hampir 2 tahun, korban yang sudah menunggu apa yang sudah dijanjikan pelaku tak juga ada kabarnya. Merasa dirinya sudah ditipu pelaku, korban akhirnya melaporkannya ke Mapolsek Tegalsiwalan dan berhasil diamankan petugas Kamis (2/2/2017) malam lalu.

Selain menangkap pelaku, petugas juga menyita sejumlah barang bukti diantaranya, 3 buah kardus, satu lembar kain hitam, 2 kantong warna hitam, dan 3 buah tas. Saat ini pelaku masih dalam tahap pemeriksaan lebih lanjut untuk pengembangan kasus karena diduga masih banyak korban lainnya di wilayah Probolinggo dan kota lainnya.