Jumat, 17 Februari 2017

Nuraini, Gadis Berkulit Sisik Akhirnya Diperbolehkan Pulang

PROBOLINGGO - Setelah mendapat perawatan intensif selama 5 hari di RSUD Waluyojati Kraksaan, Nuraini (21) penderita kulit bersisik atau Stephen Jhonson Syndrome, akhirnya bisa pulang ke rumahnya setelah dinyatakan sembuh oleh dokter, Selasa (14/2/2017).

Gadis asal Desa Gunung Geni, Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo Jawa Timur itu, kondisi kulitnya yang sebelumnya mengeras, pecah - pecah dan mengelupas sehingga bersisik seperti ular, kini kembali normal 100%.

Spesialis kulit RSUD Waluyojati, dr. Fransiska Sylvana menyampaikan, SJS yang diderita Nuraini karena efek samping obat epilepsi yang dikonsumsinya. Ada beberapa obat kejang yang bisa memunculkan risiko alergi. Selain itu, konsumsi obat epilepsi tidak teratur juga membuat parah efek sampingnya.

“Ia hanya minum saat mengalami kejang saja. Nuraini, ini butuh waktu agak lama penyembuhannya, karena sudah parah. Meski begitu penyakit ini tidak menular kepada orang lain,” terang dokter Siska.

Meski sudah dinyatakan sembuh, Nuraini tetap diharuskan mengkonsumsi obat - obatan yang diresepkan dokter. Ia juga diwajibkan kontrol seminggu sekali ke rumah sakit, agar sembuh total.
Sementara itu, Kasat Binmas Polres Probolinggo AKP Hendrix Kusuma Wardana, yang membawa Nuraini berobat ke rumah sakit membawa Nuraini pulang kerumahnya.

"Kami pantau terus kondisi Nuraini sejak dirawat di rumah sakit. Dan sampai pulang kerumah pun kami akan terus memonitor kondisinya, sampai penyakitnya betul-betul sembuh total. Kasihan, karena Nuraini masih muda dan masih perjalanan panjang ke depan," ujar AKP Hendrix.