Selasa, 14 Februari 2017

Pohon Tumbang Di Gending Sebabkan Macet 1 Kilometer

PROBOLINGGO - Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon di jalur pantura masuk Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, tumbang Senin (12/2). Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.25.

Beruntung, pohon tumbang itu tak menimpa pengguna jalan. Pohon tumbang tersebut melintang di jalan raya dekat taman wisata Pantai Bentar. Selama proses evakuasi pohon tersebut, terpaksa jalur tersebut ditutup total.

Ipda Nyoman, Kaur Bin Ops Satlantas Polres Probolinggo mengatakan, pohon tumbang ini merupakan pohon jenis randu. “Untung anggota kami yang di lapangan langsung respons dengan cepat sehingga pohon tumbang itu cepat dievakuasi,” jelasnya.

Selain polisi, dalam proses evakuasi itu juga melibatkan anggota BPBD dan masyarakat. Pohon tumbang itu baru bisa dievakusi 30 menit setelahnya. Semula, proses evakuasi dilakukan secara manual. Polisi dan warga hanya menggunakan parang dan kapak.

Baru kemudian tim dari BPBD Kabupaten Probolinggo datang memberi bantuan dengan membawa gergaji mesin. Sehingga, proses evakuasi bisa dilakukan lebih cepat.

Meski tidak menimbulkan korban, namun proses evakuasi ini menimbulkan kemacetan sepanjang satu kilometer. Jalur utama Probolinggo-Situbondo itu baru benar-benar lancar pukul 17.00.