Rabu, 15 Februari 2017

Seekor Penyu Terdampar Di Pesisir Pantai Gending

PROBOLINGGO - Warga Pesisir pantai  Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo, dihebohkan dengan penemuan seekor penyu dewasa yang terdampar di pinggir laut. Penyu yang ditemukan warga Rabu (15/2/2017) pagi tadi itu, diduga terdampar karena dihempaskan ombak.

Informasi penemuan hewan langka tersebut dengan cepat menyebar. Warga sekitar pun berbondong-bondong ingin menyaksikan penyu tersebut.

Mengetahui kejadian itu, Anggota Polsek Gending dan perangkat desa setempat kemudian memutuskan untuk melepaskan kembali penyu tersebut ke tengah laut.

Kapolsek Gending AKP Sunaryo mengatakan, pihaknya langsung menerjunkan anggotanya ke lokasi. Dari pemeriksaan bersama petugas dari Dinas Perikanan dan Kelautan Probolinggo, penyu tersebut masih bernapas dengan baik. Hanya, kondisinya lemas akibat melawan arus saat ombak menerjang.

Untuk menyelamatkan, pihaknya bersama warga kemudian menggotong penyu itu ke tengah laut. "Kami menerima laporan dari warga dan setelah dicek memang penyu itu ditemukan terdampar dan masih bernapas. Setelah koordinasi, kita lepaskan kembali," paparnya.

Disisi lain, AKP Sunaryo mengatakan, pihaknya menghimbau kepada warga yang tinggal di tepi pantai jika menemukan hewan laut yang terdampar agar segera melaporkan kepada aparat terdekat, sehingga bisa dilakukan upaya penyelamatan.