Rabu, 08 Februari 2017

Sinergitas TNI - POLRI Tanam 10 Ribu Pohon Cemara


PROBOLINGGO - Puluhan anggota TNI dari Kodim 0820 Probolinggo yang dibantu masyarakat menanam 10 ribu pohon di Desa Ledokombo Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo Rabu (8/2). Tujuannya, untuk mengantisipasi krisis air bersih saat musim kemarau.

Dalam Penanaman pohon sendiri dihadiri oleh pejabat Muspida, mulai dari Wakil Bupati Probolinggo, HA Timbul Prihanjoko, Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol Inf Hendy Yustian Danang Suta, dan perwakilan dari Polres Probolinggo dan Camat Sumber serta puluhan anggota TNI.

Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol Inf Hendy Yustian Danang Sutan mengatakan dalam kegiatan ini, sedikitnya ada 10 ribu bibit yang ditanam di kawasan Desa Ledokombo kecamatan Sumber.  10 ribu bibit ini sementara ditanam di lahan 10 hektar. Rencananya, dalam waktu dekat ada tambahan bibit, pihaknya akan menanam pohon jenis cemara tersebut di lahan seuas 40 hektar. “Karena bibitnya masih 10 ribum kami tanam dulu di 10 hektar lahan,” jelasnya.

Kegiatan ini serentak dilaksanakan  di beberapa tempat di Kabupaten Probolinggo, seperti di Kecamatan Lumbang dan akhir pekan ini akan dilakukan di Kecamatan Paiton.  “Selain bentuk kepedulian kepada lingkungan, ini dilakukan juga untuk mempererat silaturahmi yang dikemas dengan reboisasi,” katanya.

Ia pun berharap kepada masyarakat, agar pohon yang sudah ditanam tersebut ikut dijaga dan dilestarikan. “Harapan kami, pohon yang sudah kami tanam ikut di jaga hingga besar,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Probolinggo, HA Timbul Prihanjoko mengapresiasi adanya kerjasama dengan berbagai pihak tersebut. “Kalau semuanya ini sama tujuannya, yakni untuk  kemajuan Kabupaten Probolinggo, hal ini yang harus disyukuri. karena manfaat kegiaatan seperti ini banyak sekali. Makanya ayo berlomba-lomba untuk mengabdi dan mengabdi,” ujarnya.

Ia berharap, dengan hal semacam ini akan memberikan manfaat kepada masyarakat, utamanya soal ketersidiaan air bersih di kawasan tesebut. “Jangan berpikir aku dapat apa, justru yang dipikir apa harus dibuat,” tandasnya. (humas/rob)