Senin, 13 Maret 2017

Kasat Binmas & Kapolsek Kotaanyar Kunjungi Warganya Yang Dipasung

PROBOLINGGO - Memprihatinkan, seorang laki-laki bernama Madimo, warga Desa Sidorejo Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo ini harus hidup di kandang sapi. Ia mengalami gangguan jiwa dengan kondisi kaki di rantai.

Madimo dipasung oleh keluarganya dikarenakan mengidap gangguan jiwa dan ditakutkan akan mengamuk dan melukai warga sekitar. Sebenarnya dari pihak keluarga sendiri dengan berat hati merantai Madimo.

Mengetahui keadaan tersebut, Kasat Binmas AKP Hendrix K. Wardhana bersama Kapolsek Kotaanyar AKP Ohim, mengunjungi kediaman keluarga Madimo, yang mana ingin memastikan keadaanya.

Di tempat berbeda, Kasat Binmas dan kapolsek juga mengunjungi rumah kediaman Agus, warga Desa Sambirampak Lor, Kecamatan Kotaanyar, yang juga menderita gangguan jiwa. Kondisinya pun tak jauh berbeda dengan Madimo dirantai kakinya.

Setelah melihat keadaan keduanya, petugas sendiri sebenarnya tidak berkenan dengan tindakan warga yang melakukan tindakan diskriminasi. Meskipun sakit jiwa, seharusnya ia mendapatkan perawatan medis bukan malah dipasung. Karena dengan dipasung tidak akan membuatnya lebih baik melainkan membuat keadaan korban semakin parah.

"Kami akan berkoordinasi dengan Muspika dan kepala desa setempat serta dinas sosial untuk pengobatannya," ungkap Kasat Binmas.

Pihak kepolisian sendiri berharap, keduanya dapat menjalani hidup normal layaknya orang biasa meskipun menderita gangguan jiwa.